Sabtu, 8 Agustus 2015 – 18:53 WITA Telah dibaca 1393 kali

Tomohon Internasional Flower Festival 2015

Torang Pe Bank Tampil di Tomohon Internasional Flower Festifal

Tomohon Internasional Flower Festival
SUARAMANADO, Manado. Kota Tomohon kini semakin dikenal Dunia Internasional diawali dengan hal yang sederhana yaitu bunga, membuat harum semerbaknya hingga ke Amerika Serikat, Prancis, New Zeland, Philipine dan India yang rela datang jauh-jauh ikut dalam Tomohon Internasional Flower Festifal – TIFF 2015 (8/8).

Kehadiran Negara sahabat di ajang TIFF 2015 membuktikan potensi bunga di Kota Tomohon Propinsi Sulawesi Utara semakin harum dan mewarnai gerak ekonomi warga Kota Tomohon yang dijuluki sebagai Kota Bunga. Bahkan oleh Kementrian Pertanian RI mematenkan bunga Krisant dari Tomohon sebagai andalan Varietas unggul.

Minat peserta yang semakin antusias dengan Festival Bunga sehingga oleh pemerintah Kota Tomohon telah menetapkan TIFF menjadi agenda rutin setiap tahunnya yang sebelumnya digelar hanya 2 tahun sekali. Kata Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, kegiatan TIFF ini sangat membantu ekonomi petani bunga di Tomohon sehingga warga sangat antusias menyukseskan ivent ini.

Peserta dari Negara Pilipina
Melengkapi semaraknya TIFF 2015 oleh panitia telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti lomba larik 10 M, Geotermal Festival, Pameran bunga, dilauncingnya Varietas bunga Krisant asal Tomohon dan Louncing jenis tanaman Aren Unggul oleh Kementrian Pertanian yang diberi nama Akel Tomohon oleh Jimmy F. Eman selaku Walikota Tomohon.

Parade kendaraan bunga oleh 30 mobil yang datang dari utusan Negara sahabat, Kementrian RI, Propinsi / Kabupten di Indonesia, juga sekotor swasta seperti Bank SulutGo yang dikenal dengan " Torang pe Bank" sebagai Sponsor utama suksesnya kegitan TIFF 2015.

Peserta Kota Tomohon
Suasana semakin semarak dan meriah dengan tampilnya group seni Kota Tomohon berupa tari Maengket dan music Kolintang dan Maching Band yang dibawahkan oleh siswa Kota Tomohon, bahkan peserta dari Negara India tidak mau kalah dengan alunan Biolanya yang lembut serasa kita berada di India.

Gubernur SULUT Dr. S.H Sarundajang sangat mendukung kegiatan TIFF dijadikan kalender tetap Pariwisata yang dilaksanakan setiap tahun. Harpan Sarundajang agar Tomohon akan semakin dikenal dengan bunganya sebagai mana kota Pasadena yang harum namanya lewat Festival Bunga. (jansen)