Senin, 11 Maret 2013 – 11:10 WITA Telah dibaca 981 kali

Gema Sabda Berkumandang di Kota Tomohon

Terobosan baru yang digalakkan Walikota Jimmy F.Eman, SE.Ak dalam mendorong terciptanya Kota Tomohon yang Bersih, Hijau, Indah dan Sehat, maka GEMA SABDA (= GERAKAN MASYARAKAT SENIN ASRI BERSIH, DAMAI & AMAN) sebagai komitmen bersama untuk menciptakan kebersihan, keindahan dan kesehatan yang berkesinambungan sekaligus memiliki dampak yang sangat luas bagi kehidupan sosial masyarakat dan dalam peningkatan perekonomian rakyat lewat produkivitas kerja serta daya tarik kunjungan wisata yang efeknya benar-benar dinikmati secara langsung oleh masyarakat Kota Tomohon dan sekitarnya.

GEMA SABDA juga merupakan Gerakan masyarakat Tomohon dalam menciptakan Kota Tomohon bersih, hijau, indah dan sehat. GEMA SABDA di ambil sebagai bagian penting yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Tomohon dimana pada setiap Hari Senin masyarakat melakukan pengaturan, pembenahan dan penataan kembali setelah pada Hari Minggu mengadakan acara-acara suka maupun duka serta acara kerohanian seperti Pesta Baptisan Anak, syukuran Balas Gereja Usai Pernikahan, Ucapan Syukur Keluarga, Acara Kumawus (Masuk Hitam) dan acara syukur lainnya.

Dan berdasarkan kebudayaan dan adat kebiasaan yang selaras dengan Tomohon sebagai Kota Religius dan telah dilaksanakan secara turun-temurun, maka kegiatan GEMA SABDA akan dilaksanakan setiap hari senin secara berkesinambungan sekaligus untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan, mencintai, melestarikan alam dan lingkungan bagi kemanusiaan dan bagi anak cucu kita sekalian. Hal ini juga merupakan amanah dari Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta. Hal ini ditegaskan walikota saat memberikan arahan pada pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Evaluasi untuk menyambut penilaian Kota Bersih, yang memerlukan gebrakan dan terobosan baru dan inovativ dalam pengelolaan lingkungan sekitarnya yang didalamnya menyangkut penanganan sampah, pelestarian alam dan lingkungan hidup yang sangat membutuhkan peran aktif dan kepedulian yang tinggi dari seluruh komponen masyarakat, sekaligus bersinergi dengan program Nasional yaitu Gerakan Indonesia Bersih.

Pada kesempatan tersebut Walikota sangat mengharapkan keikutsertaan seluruh elemen masyarakat melalui peran para Camat dan Lurah, seluruh PNS dan tenaga kontrak di Pemkot Tomohon serta para tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama untuk bersama-sama mendukung dan mensukseskan GEMA SABDA. Sehingga Gerakan Masyarakat ini akan terus menggelora dan membahana di seluruh penjuru Kota Tomohon. dan pada akhirnya akan menciptakan Kota Bersih dan sehat yang menjadikan masyarakat Tomohon kreatif, inovatif, kuat dan sejahtera. Kegiatan rakorev ini di hadiri para kepala SKPD terkait, Para Kabag, Para Camat dan Lurah serta Perangkat Kelurahan Taratara III. Demikian disampaikan Kabag Humas Ruddie A.Lengkong, SSTP melalui Kasubag Humas Djufry Rorong, S.Sos.