Minggu, 13 September 2015 – 19:39 WITA Telah dibaca 1095 kali

Tomohon Tuan Rumah Penyerahan Sertifikat Prona Tingkat SULUT

Mentri Agraria & TR Ferri Mursyidan Baldan Menyerahkan Sertifikat Prona di Tomohon
SUARAMANADO, Tomohon, Kota Tomohon kembali menjadi tuan rumah penyerahan sertifikat PRONA tingkat Propinsi SULUT yang diserahkan langsung oleh Mentri Agraria & Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan.

Tepatnya di Desa Woloan Kecamatan Tomohon Tengah kegiatan tingkat SULUT ini dilksanakan oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional untuk menyerahkan sertifikat PRONA periode Tahun 2015.

Kanwil BPN SULUT Monsel Hutagaol, SH. MH melaporkan kepada Mentri Agraria & Tata Ruang bahwa Sulawesi Utara mendapat jatah Program Strategis (Prona) tahun 2015 sebanyak 15.415 Bidang tanah. dari total tersebut yang masih dalam proses ada 7.400 bidang dan ditargetkan bulan November nanti telah selesai diproses dan siap diserahkan kepada yang berhak.

Mentri Agraria dan Tata Ruang Ferri Mursyidan Baldan dalam sambutan arahanya mengingatkan tentang pemanfaatan lahan agar disesuaikan dengan detail RTRW dimasing-masing daerah. Pemerintah dalam hal ini BPN akan secara ketat mengadakan pengawalan terhadap RTRW yang ada agar kedepan tidak disalah guanakan sehingga berdampak terhadap lingkungan secara global dan terutama dapat menghilangkan hak-hak rakyat atas tanah.

Linda Ryam Yahya Kepala BPN Tomohon Menyambut Mentri Agraria & Tata Ruang
Mentri secara khusus memberi perhatian terhadap Kota Tomohon karena menurut Mentri sesuai dasar pembentukan Kota Tomohon adalah sebagai Kota Pendidikan. Sehingga pemanfaatan lahan Kota Tomohon harus selektif terhadap oknum-oknum yang ingin menguasai tanah di Tomohon dengan tujuan lain.

Diingangtakan kepada Pemerintah Kota Tomohon agar tetap menjaga pemanfaatan lahan sesuai ciri khas sebagai Kota Pendidikan, dengan demikian suasana dan iklim di Tomohon tetap sejuk dan sangat tepat untuk menimbah ilmu.

Penerima Sertifikat Prona Tingkat Propinsi SULUT
Lindaryam Yahya selaku Kepala BPN Tomohon, sangat berterima kasih atas dipilihnya Kota Tomohon sebagai pusat penyerahan sertifikat tingakt SULUT. Ini merupakan kepercayaan dan harus disyukuri jelas Linda yang sangat akrab dengan siapapun yang ditemuaimya.

Turut menjemput mewakili Walikota Tomohon yaitu Dr. Arnold Poli selaku Sekot dan jajaran pemerintah setempat. Hadir rombongan dari Kementria, Sekjen Herry Santoso, Dirjen Pengadaan Tanah Budi Mulyanto, Ketua DPR Kota Tomohon Mecki Yunita Wenur, Kanwil BPN SULUT MOnsel Hutagaol dan perwakilan 15 Kab/ Kota di SULUT yang menerima sertifikat PRONA (jansen)