Jumat, 1 Maret 2013 – 13:35 WITA Telah dibaca 1238 kali

Sosialisasi Pengawasan Orang Asing dan Lembaga Asing di Kota Tomohon Tahun 2013

SUARAMANADO Tomohon: Bertempat di Aula Happy Lyste Kel. Kakaskasen I Kecamatan Tomohon Utara pada hari Kamis, 28 Februari 2013 Pemerintah Kota Tomohon lewat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tomohon melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Orang Asing dan Lembaga Asing di Kota Tomohon Tahun 2013.

Dalam Laporannya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tomohon Drs Jantje Mandagi menjelaskan maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah Untuk memberikan pemahaman tentang Perundang-undangan yang berkaitan dengan Pengawasan Orang Asing dan Lembaga Asing bagi Aparat dari Instansi terkait di Kota Tomohon yang bertujuan dari sosialisasi ini bisa terciptanya Koordinasi dan Sinkronisasi dalam pelaksanaan tugas. Beliaupun menjelaskan bahwa peserta terdiri dari Camat se Kota Tomohon, Aparat Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan, Badan Kesbangpol, Bagian Administrasi Hukum dan para utusan dari Kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman, SE.Ak dalam sambutannya mengatakan bahwa Selaku Pemerintah Kota Tomohon beliau merasa bangga atas penyelenggaraan kegiatan ini, yang dilaksanakan sebagai bagian dari upaya Pemerintah untuk melaksanakan peningkatan keamanan dan kenyamanan lingkungan dalam penyiapan tenaga pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan. Lanjut beliau bahwa sehubungan dengan pengawasan orang asing dan lembaga asing di Kota Tomohon telah membentuk tim koordinasi pengawasan orang asing wilayah kerja kantor imigrasi kelas I Manado (Sipora) dengan melibatkan instansi terkait yang ada di Kota Tomohon dimana Tim Koordinasi ini mempunyai Tugas salah satunya adalah Bertanggung Jawab dan Menyampaikan Laporan kepada Walikota. Selain itu Pemerintah Kota Tomohon juga membentuk Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Kota Tomohon dengan melibatkan instansi terkait yang juga mempunyai tugas salah satunya adalah merencanakan, mencari, mengumpulkan, mengkoordinasikan dan menkomunikasikan informasi atau bahan keterangan dan intelejen dari berbagai sumber mengenai potensi gejala atau peristiwa yang menjadi ancaman stabilitas nasional di daerah.

Pemerintah Kota Tomohon juga dalam mewujudkan ketentaraman, ketertiban, dan perlindungan masyarakat membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat(FKDM) Kota Tomohon yang anggotanya terdiri dari wakil-wakil organisasi kemasyarakatan, perguruan tinggi, lembaga pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya. Mengakhiri sambutannya beliau mengucapkan terimah kasih kepada para nara sumber karna telah bersedia untuk memberikan materi pada acara sosialisasi dan kepada para peserta Walikota berharap agar dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini dari awal sampai selesai dengan tekun, dimana kegiatan ini merupakan momentum yang penting dan strategis yang bertujuan agar para peserta dapat menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

Setelah membuka secara resmi acara sosialisasi ini Walikota Tomohon menjadi nara sumber dan membawakan materi yang berjudul Peran Pemerintah Daerah Kota Tomohon Dalam Rangka Pengawasan Orang Asing dan Lembaga Asing. Para Nara Suber Dalam Sosialisasi ini adalah Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, Kapolres Tomohon AKBP Marlien Tawas SH MH, Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Inf Theo Kawatu, Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Jehezkiel Devy Sudarso SH Cn, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi SULUT Drs Denny Rantung dan Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Manado Panusunan Siregar SH.