Kamis, 22 Maret 2012 – 17:31 WITA Telah dibaca 484 kali

Musrembang Tomohon Fokus Pada Kebijakan Ekonomi dan Keuangan

Musyawarah Rencana Pembangunan Kota Tomohon baru dilaksanakan di Aula lantai III Kantor Walikota Tomohon. Acara yang dihadiri oleh ketua DPRD Kota Tomohon Andy R Sengkey, Dandim 1302 Letkol Inf Theo Kawatu, Kapolres Tomohon Marlien Tawas,SH.MH, para anggota DPRD, Sekretaris Kota Tomohon Drs. Arnold Poli, SH.MAP dan seluruh jajaran Pemkot Tomohon serta tokoh-tokoh masyarakat itu merupakan forum untuk menyusun rencana pembangunan daerah yang disinergikan dengan rencana pembangunan jangka menengah kota Tomohon 2011–2015.

Dalam sambutannya, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak mengatakan bahwa "Musrenbang yang kita laksanakan saat ini merupakan forum musyawarah stakeholder untuk mematangkan rancangan RKPD dengan menyelerasikan substansi antar rancangan rencana kerja (Renja) masing-masing SKPD yang diperoleh melalui forum SKPD yang dilaksanakan sebelumnya. Kegiatan ini memfokuskan pada arah kebijakan ekonomi dan keuangan daaerah, tujuan, sasaran dan prioritas pembangunan serta rencana program dan kegiatan prioritas Kota Tomohon pada tahun 2013".

Walikota menegaskan, mengenai kebijakan keuangan daerah pada tahun anggaran 2013 agar arahannya ditujukan untuk peningkatan pendapatan daerah dari berbagai sektor potensial yang membutuhkan upaya-upaya strategis dan realistis dipikirkan bersama.

Sedangkan untuk kebijakan belanja pada tahun 2013 walikota menginginkan agar diupayakan dengan pengaturan pola pembelanjaan yang proporsinal, efisien dan efektif dengan berbagaik terobosan yang dapat kita pikirkan bersama.

Dalam aspek pembelanjaan bahwa belanja yang dikeluarkan pemerintah akan diarahkan untuk: 1. Mendukung pencapaian target pembangunan sumberdaya manusia 2. infrastruktur dan lingkungan hidup dalam mewujudkan masyarakat Kota Tomohon Yang religius mandiri dan sejahtera 3. Pemantapan birokrasi dan tata kelola 4. Memperkuat bidang pertanian dan ketahanan pangan, Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata dan Kebudayaan 5. Mendorong iklim investasi dan usaha, penanggulangan kemiskinan dan ekonomi kerakyatan. Demikian urai walikota Eman.

Mengakhiri sambutannya, Walikota Tomohon kembali menghimbau kepada seluruh SKPD agar apa yang dihasilkan, putuskan dan sepakati pada Musrembang tersebut benar-benar dijabarkan dalam rencana kerja SKPD dan penyusunan rencana kerja (RKA) SKPD. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penanda tanganan pakta integritas dalam lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.