Jumat, 28 Oktober 2011 – 08:47 WITA Telah dibaca 1635 kali

Peran Pemerintah Kota Tomohon Dalam Penanggulangan Sampah di Aliran Sungai Yang Mencemari Teluk Manado

Dalam rangka menjaga kelangsungan ekosistem lingkungan alam yang asri, nyaman dan menyenangkan bagi kelangsungan hidup umat manusia maka kepedulian seluruh komponen masyarakat sangat penting guna menindak lanjuti permasalahan-persampahan yang saat ini sangat mengganggu lingkungan sekitar kita. Sekaligus memberikan dampak buruk bagi perekonomian dan kesehatan masyarakat serta merusak citra kepariwisataan yang ada di Sulawesi Utara.

Kota Tomohon yang memilki segudang potensi obyek wisata yang telah mendunia tentu sangat proaktiv dalam menangani permasalahan ini. Begitu juga untuk menindak lanjuti hasil rapat bersama tanggal 20 Oktober 2011 yang dilaksanakan di ruang Tribrata Mapolda SULUT bersama Kapolda, Rektor Unsrat Manado, serta Dinas dan Instansi Sipil Provinsi, Kabupaten /Kota dalam rangka membahas penanggulangan sampah di aliran sungai yang dapat mencemarkan Teluk Manado dan Taman Nasional Laut Bunaken serta upaya-upaya yang akan dilakukan dalam mengatasi masalah sampah melalui pembentukan struktur tim kerja penanggulangan masalah sampah yang di bagi dalam 3 (Tiga) tim yang meliputi Tim Sosialisasi, Tim Pencegahan dan Tim Penindakan.

Pemerintah kota Tomohon akan terus memobilisasi seluruh komponen masyarakat, dinas dan instansi yang ada di kota Tomohon untuk secara bersama-sama melakukan kegiatan nyata seperti mengadakan kegiatan Bersih-bersih yang melibatkan seluruh komponen masyarakat terutama masyarakat yang mendiami aliran sungai, LSM, Tokoh-tokoh Masyarakat, Forum Peduli Laut, TNI/Polri, para pelaku usaha dan para pedagang yang ada di kota Tomohon.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Selanjutnya, Pemerintah kota Tomohon akan segera menyampaikan surat edaran ke masing-masing SKPD sampai keseluruh kelurahan di kota Tomohon tentang himbauan untuk tidak membuang sampah ke sunga, dan mengadakan kegiatan bersih-bersih setiap Minggu.

Hal ini sesuai dengan hasil kesepakatan dan saran tindak lanjut dalam menjaga dan melestarikan laut dan lingkungan hidup untuk masa depan yang lebih baik.