Kamis, 20 Agustus 2015 – 21:09 WITA Telah dibaca 2755 kali

ITM Tomohon Wisuda 178 SarjanaTeknik

Rektor ITM Dr, H, Lantemona, MS (tengah) Abd. Salam Siku, SH. MH (Kopertis Wilayah IX)
SUARAMANADO, Tomohon. Institut Teknologi Minaesa Tomohon kembali melahirkan 178 Sarjana Teknik melalui pengukuhannya dalam Rapat Senat Terbuka yang dipimpin langsung oleh Dr. Hardianto Lantemona, MS selaku Rektor yang disaksikan Ketua Yayasan Mapalus Matuari Minaesa Dr. Wilie Smith, Kopertis wilayah IX Abd. Salam Siku, SH.MH dan Harold Lolowang Ass.III Pemerintah Kota Tomohon yang dipusatkan di Kampus ITM Kompleks Stadion Tomohon. (20/8)

Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah IX (Kopertis) yang diwakili Abdul Salam Siku, SH. MH selaku sekertaris SPI menyampaikan selamat kepada Wisudawan atas prestasi yang dicapai dan kiranya mengaplikasikan ilmu yang didapat bagi kesejahteraan rakyat Indonesia.

Bersama Ketua Yayasan Mapalus Matuari Menaesa Dr. Willie Smith
Kepada Media ini, Siku mengakui dimana proses pendidikan yang dilakukan oleh ITM Tomohon telah berjalan sesuai mekanisme dan aturan UU Sisdiknas sehingga dipastikan Wisudawan tidak perlu ragu dengan almamaternya, karena seluruh Mahasiswa ITM telah terdaftar dalam PDPT di Kementrian Pendidikan RI.

Diingatkan kepada setiap PTS agar selalu mematuhi aturan yang ada dalam hal pelaporan jumlah Mahasiswa setiap semester agar kedepan tidak akan menemui masalah terkait dengan maraknya peredaran Ijazah palsu atau ASPAL (asli tapi palsu) karena tidak mengikuti proses perkuliahan secara tuntas dan benar.

Apabila dikemudian hari ditemukan pelanggaran tersebut maka Kopertis tidak segan memberi sanksi teguran hingga penjabutan Izin karena IPAL (Ijaza Palsu) masuk dalam kategori tidakan Pidana baik yang menggunakannya maupun yang mengeluarkan Ijaza tersebut.

Pemerintah Kota Tomohon yang diwakili Harold Lolowan gselaku Ass. III atas nama Walikota Tomohon berharap ITM sebagai salah satu kebanggaan Kota Tomohon yang dikenal sebagai Kota Pendidikan agar kedepan membawah harum nama Kota Tomohon lewat inovasi yang disumbangkan bagi kesejahteraan bangsa. Lolowang mengingatkan kondisi Negara Indonesia yang saat ini bukan lagi sebagai penghasil Minyak tetapi telah menjadi pengimport Minyak yang sagat dibutuhkan disetiap sector kehidupan warga dalam memutar roda ekonomi Negara kita.

Kiranya ITM dapat menyumbakan hasil teknologi dibidang energy yang berbasis Bioenergy baik berupa Ethanol dan Briket Arang.

Selaku Rektor dan Ketua Senat Dr. Herdianto Lantemona, MS melaporkan kondisi ITM saatini yang semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. ITM terdiri dari 6 Jurusan; Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Kelautan, Teknik Arsitektur, Teknik Informatika dan Teknik Komputer.

Pada kesempatan Wisuda ini Dr. Ir. Yongker Baali,M.Si menyampaikan orasi Ilmiah dengan mengangkat potensi limbah produk hutan yang selama ini kurang mendapat perhatian sebagai bahan baku untuk pupuk terutama sebagai alternative sumber energy. Baali menguraikan pemanfaatan limbah kayu untuk dijadikan Briket Arang Beraroma Terapi untuk mendukung industry pengolahan kayu Indonesia. (jansen)