Senin, 5 Mei 2014 – 14:36 WITA Telah dibaca 1202 kali

Perayaan Hardiknas Meriah

SUARAMANADO, Tomohon - Perayaan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei dimana dalam peringatan kali ini beriringan dengan pelaksanaan penilaian Adipura oleh tim dari Pemerintah Pusat yang mengunjungi titik-titik pantau yang salah satunya yaitu mengunjungi Kantor sekretariat Daerah yang didampingi Kaban Lingkungan Hidup Ir.Fereydi Kaligis bersamaan dengan kegiatan pawai Hardiknas yang sementara berlangsung.

Pelaksanaan Hardiknas diawali dengan pawai bocah yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 Mei kemarin dan pada tanggal 2 Mei hari ini dilaksanakan upacara yang dipusatkan di stadion Parasamnya Walian dengan Inspektur upacara Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR.Arnold Poli,SH.MAP yang sekaligus membaca sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh.

Saat membawakan sambutan menteri, Poli mengatakan bahwa tema Hardiknas kali ini yaitu "Pendidikan Untuk Peradaban Indonesia Yang Unggul", Mengingatkan kita bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan-persoalan yang sifatnya sangat teknis dan bersifat kekinian semata, melainkan labih jauh dari itu yaitu pendidikan pada hakikatnya adalah memanusiakan manusia untuk membangun peradaban yang unggul.

Dalam hal ini ada dua pokok yang paling mendasar pertama akses untuk mendapatkan layanan pendidikan yang mana akses tesebut dipengaruhi oleh ketersediaan dan keterjangkauan. Kedua terkait dengan kualitas pendidikan yang sangat dipengaruhi oleh ketersediaan & kualitas guru, kurikulum serta sarana prasarana.

Kota Tomohon sendiri dalam dunia pendidikan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional tahun 2014 telah menunjukkan tren yang sangat positif dalam dunia pendidikan dimana pendidikan di Kota Tomohon bergerak maju seiring dengan torehan prestasi yang telah diraih selama ini yang telah membawa harum nama Kota Tomohon dan Provinsi Sulawesi Utara serta Indonesia di kancah Internasional seperti yang dikatakan Kadis dikda DR.Dolvin Karwur.

Prestasi ini mendapat pengakuan dan apresiasi dari dunia Internasional seperti dalam pelaksanaan Asia Pacific Astronomy Olympiad ke IX di Tomohon dan pujian yang disampaikan Wamendikbud RI Musliar Kasim MS yang mengaku kagum dengan prestasi dan infrastruktur pendidikan di Kota Tomohon. Ya Kota Tomohon merupakan salah satu Kota di Indonesia yang sarat dengan prestasi di dunia pendidikan.

Beliau turut memuji Walikota Jimmy F.Eman,SE.Ak yang begitu peduli dan perhatian pada dunia pendidikan kata Kasim.

Selanjutnya dalam memperingati Hardiknas juga dilaksanakan pawai yang menampilkan seluruh peserta dari sekolah-sekolah dari tingkat SD sampai dengan Perguruan Tinggi, dengan menampilkan kreasi dan tampilan seperti Drum Band, Marching Band tiap-tiap sekolah dengan menggelar atraksi spektakuler serta menampilkan foto-foto para tokoh pemerintahan dan pendidikan guna membangkitkan semangat para siswa dan orang tua dalam memberikan perhatian penuh pada proses pembentukan & pendidikan anak sebagai generasi penerus bangsa.