Kamis, 28 Februari 2013 – 16:47 WITA Telah dibaca 1130 kali

Praktek Lapangan IPDN Kampus Sulawesi Utara

Penerimaan peserta praktek lapangan III Nindya Praja IPDN Kampus Sulawesi Utara Tahun Akademik 2012/2013 digelar di Aula lantai tiga Kamis, (28/2).

"Pemerintah Kota Tomohon akan menerima peserta praktek lapangan berjumlah 96 orang terdiri dari 72 orang Nindya praja (56 Praja putra, 16 praja putri) serta 24 pengasuh dan pembimbing, para praja akan melaksanakan praktek mulai 28 februari s/d 28 maret 2012, demikian laporan yang disampaikan oleh pembantu direktur bidang akademik dan kerjasama Drs. Sonny Onibala, ditambahkan pula tujuan parktek lapangan ini adalah agar Nindya praja dapat mengetahui dan mampu melaksanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, selain itu agar para peserta praja dapat menerapkan pengetahuan keterampilan dan sikap mental sebagai bekal perjalanan pada saat bertugas nanti dilapangan.

Pada kesempatan yang sama Walikota Jimmy F. Eman, SE,Ak, melalui Assisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Wendy Karwur, MAP, berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Pemkot Tomohon sebagai lokasi pelaksanaan praktek lapangan. Ditambahkannya dalam menyiapkan kader Pemerintahan yang memiliki kemampuan intelektual, keterampilan dan kepribadian maka sistem pendidikan yang diterapkan adalah sistem pengajaran, pelatihan dan pengasuhan. Diharapkan juga para Nindya praja yang akan bertugas di SKPD, agar senantiasa menunjukan etika, kedisiplinan, performance dan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Sementara itu Direktur IPDN Regional Sulawesi Utara Dra. Roosje Kalangi, MSi, memberikan juga apresiasi kepada pihak Pemkot Tomohon yang berkenan dan bersedia untuk menjadi lokus dan fokus dari pelaksanaan praktek kerja lapangan ini. "praktek lapangan ini merupakan bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar dilapangan atau diluar kampus, termasuk bagaimana hidup ditengah masyarakat dengan membantu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi melalui keterpaduan dharma pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara interdisipliner dan antar sektor, ungkap Kalangi.

Acara ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima praktek lapangan kepada Pemeritah Kota Tomohon. Turut hadir dalam acara tersebut Pudir Bidang Administrasi umum dan keuangan Drs. Laurens Walangare, MM, Pudir Bidang keprajaan Suraji, (para dosen, kepala bagian dan civitas Akademika Institut Pemerintahan Dalam Negeri Regional SULUT), para Pejabat Jajaran Pemkot Tomohon.