Kamis, 11 Agustus 2016 – 06:37 WITA Telah dibaca 714 kali

Eksplorasi Sumber Daya

TITEX 2016 Ajang Promosi Global

Wakil Walikota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan berharap sumber daya di Kota Tomohon termaksimalkan demi kesejahteraan rakyat melalui ajang Pameran TITEX 2016

SUARAMANADO, TOMOHON - Pemerintah Kota Tomohon luncurkan Pameran Tourism, Trade, Investment And Floriculture Expo (TITEX) di Stadion Babe Palar (Eks Stadion Parasamya). Pameran TITEX dibuka resmi Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Selasa (09/08/2016).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tomohon Ruddie Lengkong SSTP dalam laporannya mengatakan, tujuan pameran TITEX 2016 untuk meningkatkan potensi pariwisata di bidang industry, pertanian, perdagangan dan investasi, guna mempromosi adanya lapangan kerja dan usaha masyarakat di berbagai bidang untuk menunjang dunia pariwisata serta memperkenalkan kepada dunia potensi pariwisata di kota Tomohon bersaing secara global.

Sambutan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak yang disampaikan Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan mengatakan, pameran ini diharapkan membuka peluang-peluang baru pemberdayaan sumber daya manusia dan pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki Kota Tomohon.

Kurun tiga belas tahun pasca otonomi daerah, pemerintah Kota Tomohon terus berupaya melakukan optimalisasi potensi daerah, antara lain melalui pengembangan sektor pariwisata yang menjadi sarana promosi dan berimbas pada berbagai sektor.

TITEX 2016 yang dilaksanakan selama berlangsungnya Event TIFF 2016 dari tanggal 8–12 Agustus 2016 menjadi interest dan partisipasi aktif berbagai pihak dalam memberikan gambaran nyata tentang Kota Tomohon dari berbagai sudut perspektif sektor-sektor yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

"Saya berharap pameran ini secara inklusif dapat mewadahi berbagai kalangan dengan berbagai kepentingan yang bermuara pada pembangunan Kota Tomohon, sehingga ajang serupa yang berpotensi digelar di lain waktu dapat menunjukkan progres dari tahun ke tahun, dan semoga kegiatan pameran ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus bekerja dalam semangat selalu ada sukacita untuk memberi yang terbaik bagi bangsa dan negara kita", ungkap Wawali Sompotan.

Pameran diikuti 27 peserta, yakni Kanwil Pajak Suluttenggo Maluku Utara, Indomaret, BPBD, Pemerintah Kabupaten Karo, Dinas Pariwisata Pemkot Manado, BRI Tondano, PT Pertamina Geothermal Lahendong, KPMD Tanggerang Selatan, Dinas Pertanian Tanggerang Selatan, Sekretariat ASEAN, PT MSM, BP4K, Dinas Pariwisata Provinsi SULUT, Kantor Kebudayaan & Pariwisata Kota Tanggerang Selatan, Maskapai Citilink, Telkomsel, BPM Kota Tomohon, Bunga Akrilik, BP4K Kota Tomohon, Badan Ketahanan Pangan Kota Tomohon, Indofood, Manguni Lovers, PNPM Kota Tomohon, Dinas Pariwisata Kabupaten Mitra, Lanscape Dinas PU & Inspektorat Kota Tomohon, 5 Stand UKM Binaan Disperindag, Stand Mobile dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Derah.

Pameran kali ini masyarakat dapat menikmati wahana hiburan sekaligus menyaksikan kendaraan-kendaraan hias terparkir di stadion Babe Palar. Kegiatan ini dihadiri pejabat Pemerintahan Kabupaten Karo, pejabat Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Kabid Promosi dan Kerjasama Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemkot Batam, Kepulauan Riau Drs Junaidy S, rombongan Tarian Putri Anggrek Tangerang Selatan, Wakapolres Kota Tomohon Kompol Alkat Karouw S Sos, Miss Earth Indonesia 2016 Luisa Andrea.