Kamis, 16 Mei 2013 – 10:56 WITA Telah dibaca 1493 kali

Tomohon Kota Tujuan Wisata Ziarah

Julukan Kota Tomohon Sebagai Kota Lima Dimensi yaitu Kota Tomohon sebagai Kota Religius, Kota Pariwisata, Kota Pendidikan, Kota Perdagangan dan Kota Agroindustri, Merupakan kebanggaan tersendiri bagi Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bersama masyarakat Kota Tomohon.

Julukan ini memang melekat dengan kehidupan sosial masyarakat. Kelima dimensi ini saling kait mengait dalam upaya meningkatkan kesejahteraaan masyarakat. Dalam dimensi Pariwisata yang melekat dan merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki Tomohon dimana saat ini Tomohon menjadi pusat kegiatan wisata Ziarah umat Katolik dan penganut Kristen yang berada di Indonesia. Hal ini tercermin dari banyaknya kunjungan wisata Ziarah yang dilaksanakan di Kota Tomohon pada Bulan Rosario yaitu Bulan Mei dan Bulan Oktober. Seperti yang dilakukan oleh rombongan Yayasan Abdi Siswa Jakarta yang melaksanakan ziarah sekaligus kunjungan dalam rangka study banding di Yayasan St.Nikolaus (SMA Lokon) yang dilaksanakan beberapa hari lalu.

Dalam kunjungan ini rombongan yang terdiri dari 108 orang yang di pimpin oleh Ketua Yayasan diantaranya F.J Widagda Hartana, Lidwina M Windarti, Lydia Herawati Natadirdja, Henry Sjahputra bersama para guru-guru TK, SD, SMP dan SMA yang tergabung dalam Yayasan Abdi Siswa. Saat berdialog dengan pimpinan dan Pengurus Yayasan St.Nikolaus (SMA Lokon), para pengurus dan guru-guru terkagum-kagum dengan Fasilitas dan prestasi yang telah ditorehkan oleh siswa-siswa SMA Lokon yang telah berhasil meraih medali dalam Olimpiade sains yang telah dilaksanakan di Indonesia maupun di luar negeri. Begitu pula keikutsertaan siswa pada minggu ini oleh Alexandra Mahadasta dari SMP Stella Maris yang akan mengikuti Olimpiade Sains Biologi dan Dyan Mambo dari SMP Lokon Tomohon yang akan mengikuti Olimpiade Sains Fisika. Kedua siswa ini merupakan utusan Sulawesi Utara di ajang Olimpiade Sains Nasional tingkat SLTP di Batam.

Selanjutnya dalam hubungannya dengan ziarah, pada umumnya lokasi-lokasi yang menjadi tujuan wisata siarah di Kota Tomohon yaitu: Bukit Doa Jalan Salib Suci Mahawu Kelurahan Kakaskasen II, Biara Karmel Kelurahan Kakaskasen III, Gua Maria Sanctissima, Gereja Tua dan Arca Bunda Hati Kudus di Kelurahan Woloan.

Walikota Jimmy F.Eman,SE.Ak sendiri sebagai ketua Kaum Bapa Jemaat Maranatha Paslaten tentu sangat mengharapkan seluruh warga gereja yang didalamnya warga Tomohon mengharapkan agar terus menjaga dan memelihara kebersihan dan keindahan Kota Tomohon sehingga para pesiarah yang datang akan terus mempromosikan Tomohon sebagai salah satu tujuan wisata ziarah di Indonesia. Sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Dalam kunjungan ini, para pesiarah juga mengunjungi Pasar Beriman Tomohon sekaligus berbelanja paniki, ikan road an cekalang untuk di bawah ke Jakarta. dengan membelanjakan sebagian uangnya di Tomohon maka telah membantu masyarakat dalam bidang perekonomian, dalam ha ini terjadi efek ganda.