Jumat, 30 Maret 2012 – 09:45 WITA Telah dibaca 2357 kali

Lagi, Orang Asing Kagumi Keindahan Tomohon

Salah satu sudut kota Tomohon.

Kota sejuk Tomohon memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para bangsawan maupun wisatawan mancanegara mulai dari Asia, Amerika dan Eropa. Hal ini terlihat dari berbagai kunjungan yang dilakukan baik kunjungan kerja maupun kunjungan wisata di kota berjuluk kota bunga itu.

Suasana sejuk dan keindahan alam yang menakjubkan maka Tomohon menjadi daya pikat tersendiri bagi kunjungan Konsul Prancis, Chanenougam yang baru berkunjung di kediaman Keluarga Renaud-Tumurang di Lahedong. Kunjungan yang dirangkai dengan diskusi bersama Gubernur SULUT S.H. Sarundajang dan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE. Ak itu mengungkap ketertarikan pemerintah Prancis untuk membangun kerjasama dengan pemerintah Kota Tomohon dalam hal membangun pemukiman, sekolah sekaligus tempat utama wisata bagi para pekerja pertambangan dari Perancis.

Dipilihnya Kota Tomohon menjadi primadona baik sebagai tempat wisata maupun sebagai lokasi utama rencana pembangunan pemukiman prancis didukung oleh suasana sejuk dan alam yang indah serta sumber mata air panas alami yang merupakan daya magnet tersendiri bagi masyarakat Eropa terutama Prancis.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak manyambut baik dan memberikan apresiasi positif dan mendukung rencana ini, sekaligus bersinergi dengan program dan kegiatan Pemerintah Provinsi SULUT untuk terus memajukan Kota Tomohon dan terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon.

Dalam kunjungannya di Kota Tomohon Chanenougham sangat menikmati keidahan danau Linou dari tempat pelaksanaan kegiatan di Villa Esmeralda bahkan ditemani pemilik Villa dirinya berjalan kaki melihat langsung sumber air panas yang ada di sekitar danau sambil terkagum-kagum dan serius berkomunikasi dengan Michel Renaud. Konsul Chanenougham juga mengatakan bahwa dirinya akan mensuport pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF).

Atas kunjungan tersebut Walikota Tomohon mengucapkan terimah kasih kepada Keluarga Tumurang-Renaud yang telah memfasilitasi pertemuan sambil berharap kerjasama yang akan dibina nantinya terus berkelanjutan. Pemerintah Kota Tomohon melalui ketua panitia TIFF yang juga selaku Sekretaris Daerah Kota Tomohon memberikan undangan TIFF secara langsung kepada Chanenougham untuk turut berpartisipasi dan mensukseskan pelaksanaan iven TIFF di bulan Agustus nanti dalam hal promosi untuk kunjungan wisatawan Prancis begitu juga keikutsertaan pada parade kendaraan hias nantinya.

Turut hadir pada pertemuan ini sejumlah warga Prancis yang bekerja di Indonesia, Rektor Unima dan beberapa kepala SKPD terkait.