Selasa, 7 Februari 2012 – 11:30 WITA Telah dibaca 3680 kali

Saran Konselor Polandia

Perlu Papan Informasi Objek Wisata Dalam Bahasa Inggris

Salah satu sudut kota Tomohon.

Kota sejuk Tomohon ternyata memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara baik dari Asia, Amerika dan terutama dari Eropa. Hal ini ditandai dengan berbagai kunjungan yang dilakukan oleh tamu-tamu Sulawesi Utara secara bersamaan ke kota yang juga dijuluki Kembang itu.

Belum lama dikunjungi ratusan wisatawan Asia dan penumpang kapal pesiar mewah, MV Discovery, kali ini Kota Tomohon kembali menjadi target kunjungan selama empat hari Konselor Pertama, Kepala Divisi Promosi Perdagangan & Investasi Kedutaan Besar Polandia, Romuald Morawski. Menginap di Highland Resort and Spa Kinilow, saat berdiskusi bersama Kasubag Humas Pemerintah Kota Tomohon, Djufry Rorong, S. Sos, Morawski memberikan pujian dan penghargaan kepada walkota Tomohon Jimmy F Eman, SE.Ak yang telah sukses membawa Kota Tomohon sejauh ini.

Morawski mengaku terkesan dengan pelayanan yang diberikan sekaligus mengatakan bahwa Kota Tomohon sangat potensial bagi pariwisata. Dirinya memberikan masukan dan saran tentang pengembangan Kota Tomohon ke depan yang harus selalu berdasarkan kearifan lokal. "Seperti membeli produk lokal untuk mensuport ekonomi lokal (buy local product to support local economy)", ujarnya sekaligus menyarankan agar pemerintah membuat papan informasi tentang obyek-obyek wisata dalam Bahasa Inggris.

Selama kunjungan wisata Konselor bersama istri sangat menikmati obyek-obyek wisata yang dikunjunginya di kota Tomohon seperti pasar tradisional Tomohon, rumah panggung Woloan, Danau Linouw, panorama Rurukan begitu juga dengan Air Terjun Pinaras.

Saat mengunjungi Pasar Tomohon, Morawski sangat terpana dengan keanekaragaman yang ada di pasar tersebut. Uniknya sang konselor meminta pihak Highland Resort & Spa untuk membeli dan memasak daging RW (=daging anjing) sebagai menu makan siang mereka. Menurutnya RW dan Tikus hutan memilki khasiat tersendiri bagi tubuh manusia, seperti untuk pria yang rambutnya sudah mulai rontok yang diiyakan Elzbieta Morawski istrinya. Sebelumnya Morowski dan istri turut beribadah di gereja Katholik Kelurahan Kakaskasen I. Melihat antusiasme umat dalam ibadah, Morawski merasa bangga dan kagum.

Hasil dari kunjungan di Tomohon akan diteruskan kepada komunitas bisnis di Polandia serta dipaparkan dalam bahasa Polandia pada website Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi. Polandia merupakan negara Uni Eropa yang terletak di jantung Benua Eropa, berbatasan dengan Jerman di sebelah Barat dan Laut Baltik di sebelah Utara.

Di penghujung wawancara Morawski kembali mengatakan bahwa Kota Tomohon merupakan kota yang sangat indah, serta memiliki banyak potensi pariwisata yang sangat layak dijual seperti wisata Taman bunga, Gunung api, seni budaya, kuliner, wisata sejarah (bangunan-bangunan peninggalan perang) dan wisata alam lainnya. "Tomohon sangat cocok untuk kota wisata baik para pencinta alam begitu juga untuk bulan madu", kata Morawski.

Dirinya juga mengatakan Kota Tomohon yang tepat untuk melepas kepenatan sebelum atau sesudah menyelam di Bunaken dan Lembeh. "Keaneka ragaman hayati yang ada di Kota Tomohon dapat dimuat pada BBC Book agar Kota Tomohon masuk dalam 1100 Taman Firdaus Dunia yang harus dikunjungi. Sekaligus promosi ke luar negeri untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke Kota Tomohon", sarannya lagi.

Selain memuji habis-habisan kota Tomohon, Morawski jugamemuji pelayanan Highland Resort & Spa yang dipimpin Charlie Liem.