Senin, 4 Februari 2013 – 17:16 WITA Telah dibaca 965 kali

Aktivitas Kegempaan Gunung Lokon Masih Berlangsung

Aktivitas kegempaan Gunung Lokon masih terus berlangsung, setelah gunung yang berada di Kota Tomohon ini meletus, Minggu 3 Februari 2013. Hingga Senin, 4 Februari, letusan susulan masih saja terjadi.

"Sejak meletus pada hari Minggu kemarin, letusan susulan sempat terjadi sebanyak 30 kali dengan ketingian abu antara 400 meter hingga 1.000 meter", jelas Kepala Pos Pemantau Gunung Api Lokon, Farid.

Karena itu dia mengimbau masyarakat Kota Tomohon dan sekitarnya untuk tetap mewaspadai dan mengantisipasi letusan susulan.

Sementara itu, pantauan Suara Manado di Desa Lemoh Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa, Senin pagi, warga yang rumahnya terkena semburaan debu mulai melakukan aksi bersih-bersih. Desa Lemoh termasuk salah satu kawasan yang terkena semburan debu terparah. Ketebalan debu mencapai 0,2 milimeter.

Guna mengantisipasi menyebarnya penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ispa), Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa, langsung membagikan masker di lokasi-lokasi pemukiman yang warga yang terkena dampak letusan Gunung Lokon.