Senin, 14 Mei 2012 – 13:37 WITA Telah dibaca 1374 kali

Gelar Apel Siaga Bencana Gunung Lokon

Masyarakat Dihimbau Tidak Beraktivitas Dalam Radius 2,5 Km

Kota Tomohon miliki beragam panorama menarik dengan hawa yang sejuk.

Aktivitas Gunung Lokon masih dalam siaga level III sehingga masyarakat bahkan wisatawan dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 2,5 kilometer. Himbauan tersebut disampaikan walikota Tomohon, Jimmy F. Eman pada saat melakukan apel siaga pemerintah kota Tomohon bersama Komando Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Letusan Gunung Lokon akhir pekan kemarin di kompleks Kantor Ex-Rindam. Apel siaga dilakukan terkait pengecekan dan penyiagaan sumberdaya peralatan dan personalia yang ada di sektor/lembaga dalam rangka menghadapi keadaan status siaga darurat bencana letusan gunung lokon.

Turut hadir dalam apel tersebut Kapolres Tomohon Marlien Tawas, SH,MH selaku Kepala Komando Siaga Darurat, Kepala Staf Kodim 1302 Minahasa Mayor Inf. Abdon Tampilang, mewakili Kajari Tomohon Kasi Intel Ade Chandra, SH, anggota DPRD Tomohon Carolin T Sondakh, Sekretaris Daerah Drs. Arnold Poli, SH, MAP, para pejabat jajaran pemkot Tomohon, jajaran TNI-POLRI, Palang Merah Indonesia Tomohon, Badan Sar Manado dan Unit Sar Tomohon, Taruna Siaga Bencana/Tagana, Orari/Rapi, Pramuka Siaga Bencana, Pihak Pos Pengamatan Gunung Api dan para undangan lainnya.

Diketahui status Gunung Lokon terhitung mulai tanggal 24 April 2012 sampai saat ini berada pada status siaga darurat. Terkait hal itu walikota mengingatkan agar masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak dapat dipegang kebenarannya, dan karenanya pemerintah setempat yakni camat, lurah dan perangkatnya, agar senantiasa tetap berkordinasi dan berkomunikasi secara intensif dengan pemerintah kota bersama unsur komando siaga darurat, agar hal-hal tidak diinginkan tidak terjadi.