Kamis, 14 Juni 2012 – 12:10 WITA Telah dibaca 1055 kali

Panen Perdana Padi Sawah Impari 13 dan Penyerahan Bantuan Sosial Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan

Bertempat di Wilayah Kelurahan Woloan III Berbatasan dengan Kelurahan Tara-tara Panen Padi Sawah Impari 13 dan Penyerahan bantuan Sosial Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan dilaksanakan.

Acara diawali dengan penyerahan bantuan yang diserahkan langsung oleh Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE, Ak kepada para Gapoktan untuk pengembangan usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) sebesar masing-masing Rp. 100.000.000,-.

Walikota dalam sambutannya mengatakan Pelaksanaan Program PUAP ini bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran melalui penumbuhan dan pengembangan kegiatan usaha Agribisnis Pedesaan sesuai dengan potensi wilayah dan meningkatkan kemampuan pelaku usaha Agribisnis seperti petani, penyuluh dan penyelia mitra tani, dengan harapan pelaksanaan program ini dapat meningkatkan pemberdayaan kelembagaan petani dan ekonomi pedesaan dan menjadi mitra lembaga keuangan guna mendukung permodalan.

Melalui pelaksanaan kegiatan ini Beliau mengharapkan agar semua pihak yang terkait dapat termotivasi untuk terus mengembangkan pertanian di Kota Tomohon demi tercapainya peningkatan produksi, produktivitas dan mutu tanaman pangan untuk Swasembada dan Swasembada berkelanjutan juga meningkatkan ekonomi kerakyatan, dan yang lebih di tekankan Walikota dalam sambutannya adalah agar harapan kedepan nantinya Tomohon bukan hanya sebagai penghasil padi namun Tomohon harus menjadi penghasil benih.

Setelah sambutan dari Walikota dilanjutkan dengan panen perdana bersama oleh Walikota dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon serta seluruh undangan yang hadir serta seluruh masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Prov. SULUT Bpk. Ir. Bachtiar, MSi bersama jajaran, Setda Kota Tomohon Bpk. Arnold Polii, SH, MAP, jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Camat Tomohon Barat serta para Kelompok Tani.