Selasa, 2 Agustus 2011 – 08:17 WITA Telah dibaca 1555 kali

DPRD Minta Pemerintah Daerah Pentingkan Kesehatan Pengungsi Lokon

Sus Sualang-Pangemanan Wakil Ketua DPRD SULUT

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (SULUT) meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan penanganan serius terhadap dampak kesehatan bagi pengungsi gunung Lokon, di Kota Tomohon, yang telah bertahan sebulan di beberapa lokasi. Hal ini dikatakan oleh Sus Sualang-Pangemanan, wakil ketua DPRD SULUT ini, kepada SUARAMANADO, Senin (1/8) di ruang kerjanya.

Menurut Sualang, "kami sempat mendengar beberapa pengungsi alami gangguan kesehatan, karena kondisi penanganan di lokasi-lokasi pengungsian kurang optimal, dan masalah kesehatan yang dialami seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (Ispa), hipertensi hingga penyakit lain yang berdampak buruk. Pengaruh semburan debu vulkanik gunung Lokon sejak dua minggu ini, turut mengganggu kesehatan warga. Bahkan beberapa kelurahan, seperti Kinilow I, Kinilow II, Kakaskasen dan Tinoor, harus diungsikan ke lokasi aman.

"Seharusnya tanggap darurat yang diberikan pemerintah daerah harus disertai dengan langkah pencegahan kesehatan, seperti ketersediaan masker, obat-obatan, pasokan air bersih dan sebagainya", ujar Sualang.

Lebih lanjut Sus Pangemanan berencana akan membantu para warga yang mengungsi, dengan mendirikan posko kesehatan di desa Leilem, kabupaten Minahasa, dengan melibatkan tujuh orang dokter.

"Dokter-dokter akan datang dari berbagai spesialisasi, sehingga bisa membantu sementara para pengungsi. Target awal sekitar 500 pengungsi dulu yang akan dibantu", tandas Sualang yang juga Ketua Lansia SULUT ini.