Rabu, 27 Juli 2011 – 06:28 WITA Telah dibaca 2190 kali

Akibat Letusan Gunung Soputan dan Lokon

Petani Gagal Penen Hingga Lima Puluh Persen

Foto ilustrasi.

Letusan gunung Soputan dan gunung Lokon mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi para petani yang hingga saat ini diketahui gagal panen hingga mencapai 50 persen, bahkan lebih dari itu.

Hal ini dikatakan oleh Lexie Solang, sebagai Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan Sulawesi Utara (SULUT), dan juga Anggota Komisi I ini kepada SUARA MANADO, Selasa (26/7) diruang kerjanya.

Menurut Solang, selama letusan Gunung Soputan dan Gunung Lokon, sudah banyak petani yang menyampaikan bahwa semua ladang yang sudah ditanamkan tanaman, sumuanya gagal panen.

"Saya khawatir dengan kejadian seperti ini, sebab bisa jadi semua tanaman yang ditanam oleh para petani semuanya akan gagal panen akibatkan oleh letusan gunung soputan dan gunung lokon ini", ujar Solang.

Lebih lanjut dikatakan Solang, dengan hai itu, diharapkan pemerintah setempat dan pemerintah Propinsi dapat melihat stiuasi para petani yang ladangnya gagal panen karena gunung Soputan dan Lokon ini.

"Pemerintah jangan hanya tinggal diam dengan gagal Penen para petani ini, karena bisa memganggu perekonomian kita di SULUT, untuk itu pemerintah dapat membantu para petani itu", tandas Solang.