Jumat, 20 Juli 2012 – 09:34 WITA Telah dibaca 1674 kali

Warga Nusa Utara USA Bangun Perpustakaan Umum

Sebagai bentuk kepedulian Ikatan Warga Nusa Utara Amerika terhadap kemajuan warga Nusa Utara di Sulawesi Utara, dalam waktu dekat ini akan mulai dibangun perpustakaan umum di Nusa Utara. Hal tersebut disampaikan langsung warga Nusa Utara di Amerika kepada Wakil Gubernur Sulawesi Utara Dr. Djouhari Kansil dalam kunjungannya di California Amerika beberapa pekan lalu. Bahkan dalam kesempatan tersebut, renacana pembangunan perpustakaan tersebut langsung ditindaklanjuti dengan penandatangananMomerandum of Understanding (MOU) antara pihak warga Nusa Utara USA dan Pemprov SULUT dalam hal ini Wagub Kansil.

Dalam kesepakatan bersama itu, segala konsekuensi biaya yang akan ditimbulkan untuk pembangunan perpustakaan dimaksud menjadi tanggungjawab dari Ikatan Warga Nusa Utara USA. '‘Mulai dari pembangunan gedung fisiknya sampai berbagai kebutuhan buku dan perangkat komputer akan ditanggung sepenuhnya oleh warga Nusa Utara USA’,' ujar Daniel Manampiring, Koordinator warga Nusa Utara di California. Selebihnya menurut Manampiring, pihak Pemprov SULUT menjadi mediator agar berbagai kelengkapan administrasi dapat berjalan dengan lancar.

Menurut Manampiring, rencana pembangunan perpustakaan tersebut dilatarbelakangi dari kerinduan dan rasa tanggungjawab seluruh warga Nusa Utara USA untuk memajukan daerah asalnya. Tidak hanya kemajuan secara fisik tapi terlebih memajukan sumberdaya manusia di Nusa Utara. Perpustakaan menjadi pilihan yang tepat untuk semakin menambah wawasan dan membuka pengetahuan warga Nusa Utara lewat media buku dan sistem internet.

'‘Kerinduan ini sudah sejak lama kami ingin wujudkan, bertepatan dengan kedatangan pak Wagub yang juga merupakan warga Nusa Utara kami yakin ini dapat diwujudkan. Malahan jika pak Kansil berkenan, direncanakan perpustakaan tersebut akan menggunakan nama beliau’,' aku Manampiring yang langsung diiyakan beberapa warga Nusa Utara lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Kansil memberikan apresiasi yang tinggi. Malahan putra terbaik Nusa Utara ini mengaku tidak pernah menyangka jika warga Nusa Utara yang ada di Amerika memiliki kepudulian yang sangat tinggi khususnya menyangkut peningkatan sumberdaya manusia yang ada di Nusa Utara. '‘Ini merupakan hal yang luar biasa dan tentunya harus disambut baik’,' tegas Doktor berpredikat cumlaude tersebut. (Jubir Pemprov SULUT, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)