Selasa, 22 Mei 2012 – 16:17 WITA Telah dibaca 2185 kali

Gubernur Irup Upacara Harkitnas di Miangas

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2012 di Pulau Miangas terasa berbeda. Hari Minggu (20/5) lalu, Gubernur Sulawesi Utara bentindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Harkitnas yang diselenggarakan di Lapangan Kembar Miangas.

Upacara yang dipimpin Komandan Upacara Letkol. Laut (P) I Bayu Trikuncoro berlangsung khikmad dan diikuti oleh Unsur Pemerintah Kecamatan Khusus Miangas, PNS, Unsur Siswa SD, SMP dan SMK, Tetua Adat, PNS, Unsur TNI dan POLRI yang bertugas di Miangas, ABK KRI Teluk Mandar dan seluruh anggota rombongan Gubernur Sulawesi Utara.

Pengibaran Bendera dilakukan oleh 3 siswa SMK N 2 Nanusa di Miangas dan pada akhir upacara seluruh peserta upacara menyanyikan lagu "Berkibarlah Benderaku" yang membahana membangkitkan semangat nasionalisme peserta upacara dan seluruh masyarakat Pulau Miangas. Salah satu masyarakat Miangas yang sempat mengikuti Upacara dengan penuh haru mengatakan bahwa baru kali ini upacara dalam rangka peringatan hari raya nasional dipimpin langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara.

Hal ini sangat membanggakan sekaligus mengharukan bagi masyarakat Miangas. Dalam sambutannya Gubernur juga mengatakan bahwa Upacara Harkitnas 2012 ini sangat bersejarah bagi masyarakat Miangas maupun bagi beliau karena untuk pertama kalinya gubernur bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Terluar Indonesia di ujung utara pulau Sulawesi ini. Oleh karena itu gubernur mengajak masyarakat untuk meneladani semangat Kebangkitan Nasional yang merupakan kristalisasi dari keinginan luhur para founding fathers kita untuk melahirkan Gerakan Kebangsaan Budi Utomo yang bercita-cita mengangkat derajat dan martabat bangsa Indonesia. Momentum berdirinya pergerakan nasional Budi Utomo tahun 1908 yang diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional telah mengilhami perjuangan menuju Indonesia merdeka melalui peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928 dan Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 1945.

Pada akhir sambutannya Gubernur membangkitkan semanagt nasionalisme seluruh masyarakat Miangas dengan meneriakkan yel " Sekalipun Berada di Ujung Utara Nusantara, sekalipun Bumi Bergoncang, Sekali NKRI Tetap NKRI" yang disambut oleh seluruh masyarakat Pulau Miangas dengan penuh antusias. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH, M.Ed selaku Jubir Pemprov SULUT).