Senin, 5 Desember 2011 – 22:11 WITA Telah dibaca 2090 kali

Tongkang dari Bitung Karam di Talohan

Warga membantu beberapa ABK turun dari kapal

Sebuah kapal tongkang bermuatan material pasir, karam di lepas pantai desa Talohan kecamatan Beo Selatan kabupaten Kepulauan Talaud. Kapal karam sekitar jam 3 sore hari Minggu (4/12) kemarin. Desa Talohan berada di pulau Karakelang, pulau terbesar di Kepulauan Talaud, satu daratan dengan Melonguane, ibukota kabupaten Kepulauan Talaud.

"Sebenarnya kapal sedianya berlabu di lepas pantai Talohan. Tapi, karena hari Minggu dan masyarakat tidak bekerja karena umumnya beribadah di gereja, maka kapal tongkang tidak dapat melakukan pembongkaran, jadi menunggu hari Senin", ungkap Jan Gamaliel Sarendeng, pemuka masyarakat Talohan via telepon, Senin (5/12) kepada SUARAMANADO. Apa hendak dikata, hari Senin cuaca berubah drastis. Kapalpun akhirnyakaram. "Setelah dicek para ABK, ada kerusakan mesin’, ungkapnya.

Kapal tongkang berawak 10 orang dengan nama yang tertera PT Kawanua Keramik tersebut bertolak dari pelabuhan Bitung menuju lepas pantai Talohan. "Karena ada perusahan PT Kawanua Keramik yang melakukan kegiatan pekerjaan pekerjaan jalan hotmix.

Untuk mengeluarkan kapal tongkang tersebut dibutuhkan bala bantuan dari pelabuhan Bitung.