Kamis, 16 Juni 2011 – 14:03 WITA Telah dibaca 1660 kali

Pemkab Genjot Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Laut

Melonguane, ibukota kabupaten Kepulauan Talaud.

Rapat koordinasi dalam rangka mendukung aksi pengelolaan potensi kawasan perbatasan laut, digelar hari ini, Kamis (16/6) di Aula Sakinah Melonguane. Pertemuan lintas kementrian dan lembaga ini diselenggarakan oleh Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP (Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan), H. Fahmi Jonan, Asisten Deputi Bidang Infastruktur Fisik BNPP, Brigjen TNI E. Hudawi Lubis, Asisten Deputi II Intelijen Kemeko Polhukan dan Asisten Deputi Potensi Perikanan.

Rapat yang dibuka oleh pelaksana tugas Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Kepulauan Talaud, Denny R. Tatuwo, SE, ME tersebut dihadiri oleh pejabat eselon 2, 3 dan 4; kepala badan dan dinas terkait serta camat Melonguane, Nanusa dan Miangas.

Sejalan dengan fungsi yang tertuang dalam Perpres nomor 12 tahun 2010 tentang Badan Nasional Pengelola Perbatasan, maka BNPP telah menyusun Grand Design, Rencana Induk dan Rencana Aksi Batas Wilayah Negara dan kawasan Perbatasan tahun 2012-2014 yang menetapkan 111 kecamatan di 38 kabupaten kota di Indonesia pada pengelolaan wilayah perbatasan melalui kegiatan tahun anggaran 2012.

Dengan demikian, pembangunan kawasan perbatasan akan lebih fokus, terarah dan tepat sasaran sehingga peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dapat lebih dirasakan yang pada akhirnya menjamin keutuhan wilayah NKRI.