Sabtu, 19 November 2011 – 20:43 WITA Telah dibaca 1568 kali

PNS Bermain Game Dapat Teguran

Tinangon: PNS Manado Diharap Jadi Contoh

Foto ilustrasi.

Para PNS yang memiliki fasilitas computer dan internet di kantor sebaiknya berhati-hati. Jika kedapatan menggunakannya untuk bermain game, maka yang bersangkutan akan dikenai sanksi. Hal tersebut ditegaskan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kota Manado, Hans TInangon, akhir pekan ini kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya. Dijelaskannya, saat ini tim dari BKD melakukan inspeksi mendadak demi peningkatan kinerja pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungannya.

Banyaknya personil pegawai negeri sipil (PNS) yang berkeliaran di kompleks-kompleks perbelanjaan pada jam-jam kerja tentu saja menjadi perhatian pria ramah tersebut. Ditegaskannya, pihaknya beberapa waktu belakangan selalu melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa tempat di kota Manado.

"Pembinaan dan pengawasan terhadap terhadap PNS kota Manado tahun 2010/2011 sudah diadakan beberapa kali antara lain yaitu sidak. Sidak dilaksanakan di kantor-kantor (SKPD), tempat umum dan pusat keramaian dan sudah menjadi agenda rutin tim SIDAK yang melibatkan langsung wakil walikota Manado dan Sekretaris Daerah. "Tujuan Sidak itu untuk membina pegawai negeri sipil untuk tidak seenaknya keluar kantor pada jam kerja tampa seizin dari atasan. Kalaupun diizinkan oleh atasan untuk berbelanja itupun harus kepentingan kantor dan harus ada surat izin dari kantor", ungkapnya.

BKD sendiri, menurut Tinangon sering memperingati tiap-tiap SKPD lewat surat. Mengenai aturan yang menjadi dasar hukum dari tim SIDAK yang dilakukan tiap tiga bulan yaitu surat wakil walikota Manado. "Tim sidak terdiri atas inspektorat, BKD, Satpol PP dan bagian hubungan masyarakat pemerintah kota Manado. Jika ada pelanggaran pasti ada sansi di lihat dari PP 53 sebenarnya merupakan sangsi yang tergolong ringan", ungkapnya.

Sebagai barometer di wilayah Sulawesi Utara, PNS kota Manado juga diharapkan menjadi contoh. "Diharapkan pada tahun 2012 kota Manado bukan hanya menjadi kota model ekowisata, tapi juga para pegawainya menjadi contoh", pungkas Tinangon.