Jumat, 2 September 2011 – 14:15 WITA Telah dibaca 3770 kali

Panorama Laut Wisata Andalan Talaud

Pulau Lihaga. Photo by Herry.

Mengisi hari liburan tidak harus ke mal atau ke pusat-pusat belanja. Mengunjungi lokasi-lokasi alam dapat juga menjadi pengcuci mata sekaligus penghilang penat dari rutinitas pekerjaan yang melelahkan. Wisata pantai yang merupakan tersedia berlimpah di kabupaten Kepulauan Talaud menjadi salah satu sarana pengisi liburan yang menyenangkan.

Salah satu pantai indah yang berlokasi di Talaud yaitu pantai mangaran. Pantai ini berbentuk panjang dengan pasir putih yang menutupi pantai. Selain pantainya yang indah, area ini merupakan habitat burung Maleo, kebanggan Sulawesi Utara. Pantai Mangaran dijangkau 1,5 km dari Mangaran, ibukota Kecamatan Kabaruan.

Selain Mangaran, Talaud juga memiliki pulau Sara yang juga dikelilingi oleh pasir putih dengan rumput-rumput hijau. Selain burung maleo, tempat ini juga merupakan tempat tinggal burung nuri. Pulau Sara juga memiliki koral yang indah dan sejumlah spesis ikan laut serta sumber laut lainnya. Pulau Sara dapat dijangkau dengan motor laut selama 45 menit dari Lirung dan 60 menit dari bandar udara Melonguane.