Minggu, 15 Mei 2011 – 15:45 WITA Telah dibaca 4523 kali

Talaud Bersiap Sambut Mane’e

Pantai Lihaga di Minahasa Utara belum terjamah.

Kehidupan di pesisir laut telah membentuk kebiasaan masyarakat Talaud dalam menangkap ikan. Berbagai metode menangkap ikan sudah dilewati oleh penduduk yang umumnya menggantungkan nafkahnya di laut. Meski jaman telah modern, penangkapan ikan secara tradisional tetap dihidupkan di daerah kepulauan terluar di SULUT. Pesta adat Mane’e merupakan perayaan adat mencari ikan secara tradisional di Talaud yang selalu dinanti.

Pada tahun 2011 ini, Mane’e kembali digelar. Pesta adat berupa penangkapan ikan secara tradisional ini akan dirayakan pada 21 Mei mendatang di Pulau Intata yang sudah dikenal dunia. Pada acara ini, masyarakat akan melakukan acara penangkapan ikan bersama-sama dengan menggunakan alat tradisional berupa janur.

"Budaya menangkap ikan sudah menyatu dengan masyarakat Talaud. Pesta adat Mane’e selalu ditunggu (masyarakat-red)", ungkap Edy, warga Talaud.

Pemerintah dan masyarakat pun berbondong-bondong bersiap diri menyambut perayaan adat setahun sekali bagi para insan laut ini.

"Masyarakat diajak untuk ikut serta, mengunjungi dan menyukseskan acara ini", ujar Asriadi Lalompoh, kepala bagian hubungan masyarakat pemerintah kabupaten Kepulauan Talaud kepada SUARAMANADO akhir pekan kemarin.