Selasa, 13 Juni 2017 – 06:51 WITA Telah dibaca 248 kali

dari Menyanyi Sampai Menari Katrili, Goyangan Opa-Oma Bikin Decak Kagum

Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw didampingi oleh Bupati Minahasa Tenggara di HLUN 2017

SUARAMANADO, SULUT: Suasana di Pendopo Kantor Bupati Minahasa Tenggara, Selasa (13/6/2017) sore, sangat ramai. Bagaimana tidak, para lansia yang tampil menyanyi dan menari memeriahkan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Provinsi Sulawesi Utara tahun 2017 mengundang decak kagum penonton.

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat di sekitarnya tumpah ruah di pendopo menyaksikan penampilan lansia yang begitu semangat menampilkan kebolehannya bergoyang menari katrili.

Semaraknya perayaan HLUN yang mengusung tema, "Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera", dengan sub tema",SULUT Hebat Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia", ini benar-benar dinikmati sesama rekan lansia dan masyarakat umum. Lenggak-lenggok para lansia di atas pentas menjadi tontonan yang memikat pandang. Hebat!

Saat berpentas, opa-oma itu tampil layaknya seorang anak baru gede (ABG). Goyangnya energik.

Para Lansia menari Katrili di HLUN 2017 di Minahasa Tenggara

Saat bergoyang pun, para lansia menyuguhkan aneka gerakan dengan variasi yang unik. Gerak itu meliputi gerak tubuh dari kaki sampai kepala. Semua anggota tubuh digerakkan memiliki makna yang terkonsep.

Ekspresi mereka lepas. Senyum terus mengulum meski kebanyakan gigi mereka sudah ompong. Tak heran, aplaus penonton pun bergema sepanjang pentas.

Kendati ada yang terlihat grogi dan gerakannya mulai lambat karena termakan usia, mereka tetap semangat menunaikan tugasnya.

Menyaksikan adegan para lansia, Wakil Gubernur Drs. Steven O.E Kandouw sangat antusias memperhatikannya.

Kandouw memberi apresiasi kepada para lansia yang mengambil bagian pada peringatan HLUN. "Semua lansia harus berpikir optimis dan kreatif. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi hidup di lanjut usia. Oma-opa sekalian dapat menikmati kehidupan sehari-hari dengan nyaman dan penuh semangat", tandasnya.

Adapun peringatan hari lanjut usia turut dihadiri Ketua TP-PKK SULUT Ir. Rita Tamuntuan, Bupati Mitra James Sumendap, SH, Wakil Bupati Mitra Ronald Kandoli, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Kepala Biro Kesra dr Kartika Devi Tanos, Kepala Dinas Sosial dr Grace Punuh, Kepala Dinas Kesehatan dr Deybie Kalalo dan pejabat lainnya.