Jumat, 22 Februari 2013 – 10:47 WITA Telah dibaca 901 kali

Peduli Batik Sulawesi Utara

Coreta Kapoyos Siap Majukan Batik SULUT

Ibu Coreta Kapoyos (tengah) diapit oleh sejumlah pengusaha yang bergerek dibidang batik.

JAKARTA: Batik merupakan identitas budaya bangsa yang penting untuk terus dilestarikan. Batik juga merupakan potensi ekonomi yang potensial untuk diberdayakan. Karena itu, tokoh nasional asal Sulawesi Utara, Coreta Kapoyos prihatin dengan kondisi perbatikan di Sulawesi Utara.

Hal ini diutarakan Coreta kepada SUARAMANADO.com saat ditemui di hotel Keraton kawasan Plaza Indonesia, Jakarta. Menurutnya, Sulawesi Utara sangat potensial mengembangkan batik karena orang SULUT dikenal memiliki nilai estetika yang tinggi terutama dalam hal sandang.

"Batik di Sulawesi Utara masih potensial untuk dikembangkan. Karena masyarakatnya yang sangat dinamis, terbuka dan bahkan sangat menghargai nilai estetika di bidang sandang. Apalagi sudah ada pioneer batik seperti batik Bentenan dan batik Pinabetengan, semua kita hargai untuk memperkaya khasana perbatikan di Sulawesi Utara",tutur mantan penyiar TVRI Manado yang juga menjadi penyiar TVRI Jakarta ini.

Karena itu, istri Kapolda Metro Jaya ini, mengajak kepada seluruh masyarakat SULUT untuk mengembangkan potensi batik karena batik tidak sekadar untuk mengangkat nilai dan tradisi kebudayaan bangsa, tapi juga batik bisa memberikan nilai ekonomis sehingga dapat mengangkat kesejahteraan masyarakatnya. (rey)