Minggu, 10 April 2011 – 10:19 WITA Telah dibaca 2498 kali

Pelabuhan Ulu Diperbaiki, Masyarakat Menanti Penuh Harap

Pemukiman di daerah kepulauan.

Dalam waktu dekat Pelabuhan Ulu Siau akan diperbaiki. Masyarakat pun menanti dengan harap-harap cemas, karena saat direkonstruksi nanti, semua kapal akan dialihkan ke Pelabuhan Sawang di Siau Timur Selatan.

"Jika dipindahkan, boleh diperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pembenahan Pelabuhan Sawang", ujar seorang tokoh masyarakat Siau, J. Thamus kepada SUARAMANADO, Minggu (10/4).

Cost yang lebih besar akan melanda para buruh pelabuhan dan imbasnya juga akan menjadi cost bagi masyarakat yang berangkat melalui pelabuhan Sawang nanti. Demikian juga bagi dunia usaha, akan sangat multiple cost sehingga akan meningkatkan cost investasi dan operasional dunia usaha. di sisi lain akan menurunkan margin keuntungan dunia usaha, apalagi dalam persaingan bisnis yang ada, urai tokoh yang juga ketua KADIN Sitaro ini.

Menurut Jhony, kesiapan infrastruktur jalan dan angkutan ke pelabuhan juga perlu dipikirkan dengan matang, karena diperlukan kesiapan infrastruktur jalan serta angkutan ke arah Pelabuhan Sawang nanti, padahal ruas jalannya kecil, termasuk juga antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas mengingat ruas jalan yang sempit dan berbelok-belok.

Namun demikian, dari sisi yang lain, menurut Thamus, memang Pelabuhan Ulu Siau sudah waktunya diperbaiki.