Rabu, 16 Januari 2013 – 08:32 WITA Telah dibaca 1195 kali

Sukses di Minahasa

PDIP Sasar Lima Pilkada 2013

Olly Dondokambey
Sukses memenangkan Pilkada Minahasa, PDI Perjuangan SUlawesi Utara mengincar lima Pilkada lainnya di tahun 2013 ini.

Terdapat lima pilkada yang bakal digelar sepanjang tahun 2013 ini, yaitu, Minahasa Tenggara, Kota Kotamobagu, Bolmong Utara, Talaud, dan Sitaro.

Ketua DPD PDIP SULUT, Olly Dondokambey yang sukses memenangkan sejumlah Pilkada di SULUT, jelas menargetkan untuk merebut lima pilkada di tahun 2013 ini. "Kami akan berupaya seoptimal mungkin untuk memenangkan sejumlah Pilkada di SULUT. Karena itu partai kami serius merekrut figur yang benar-benar diinginkan rakyat dengan mekamisme pembukaan pendaftaran seperti yang selama ini kami lakukan",tutur Ketua DPD PDIP SULUT itu.

Keseriusan Dondokambey nampak pada persiapan yang dilakukan oleh PDIP menyamput pesta demorasi kelima kabupaten tersebut. Menurut Sekretaris DPD PDIP SULUT, Frangky Wongkar, SH, hampir semua sekretariat pendaftaran yang telah dibuka, dipenuhi sejumlah nama yang berminat untuk menjadi pemimpin di masing-masing kabupaten tersebut.

"Meskipun partai memiliki kader-kadernya, tapi kalau tidak memenuhi harapan masyarakat maka terbuka lebar bagi figur non kader untuk diusung menjadi pemimpin masyarakat di masing-masing kabupaten yang sedang berpilkada",tutur Wongkar.

Dari bocoran yang diterima SUARAMANADO.com, meski PDIP menargetkan untuk memang di lima Pilkada ini, namun sikap ketua Olly Dondokambey selaku ketua DPD cukup realistis. Tidak semua Pilkada akan direngkuh sendiri oleh PDIP. Paling tidak ada dua Pilkada yang akan berkoalisi dengan partai lain. Sebut saja, untuk Bolmong Utara dan Kota Kotamobagu, dikabarkan akan berkoalisi dengan partai lain.

Di Bolmong Utara seperti yang sudah diberitakan oleh SUARAMANADO.com, bahwa sudah pasti berkoalisi dengan Partai Golkar dengan mengusung, Karel Bangko dan Kristofel Buhang. Sementara untuk Kota Kotamobagu, dikabarkan PDIP akan berkolaborasi dengan PAN.

Sekretaris ODC SULUT, Pdt. Lucky RUmopa kepada SUARAMANADO.com membenarkan bahwa ada dua Pilkada tersebut akan berkoalisi. Meski, untuk Kotamobagu sendiri belum tentu berkoalisi dengan PAN.

Menurut pengamat sosial Kemasyarakatan, Paulus Heydemans, sikap PDIP ini cukup beralasan karena memang di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey, PDIP terlihat lebih taktis dalam merebut kekuasaan, dan strategis dalam membesarkan partai. "PDIP nampak lebih perkasa dan berwibawa bersama Olly Dondokambey",tutur pengajar di Universitas Nusantara ini.

Seperti diketahui, PDI Perjuangan SULUT di bawah Olly Dondokambey berhasil membawa PDIP SULUT menjadi partai besar dengan kader-kadernya yang memimpin di beberapa kabupaten seperti, Kab. Bolsel, Kab. Bolmong, Kab. Sitaro,Kab. Sangihe, Kab. Talaud, Kab. Boltim, Kab. Minahasa Utara dan yang terakhir adalah Kab. Minahasa. (rey)