Selasa, 19 Juli 2016 – 07:28 WITA Telah dibaca 824 kali

Walo: Kejar Perdagangan Langsung dengan Pilipina

HRM Layak Dua Kali Pimpin Sangihe

Zeth Walo dan HR Makagansa

SUARAMANADO, MANADO – Hironimus Rompah Makagansa dinilai masih layak memimpin Kabupaten Sangihe untuk kedua kalinya.

Lima tahun memimpin belum cukup sebab masih banyak program yang belum tuntas dilaksanakan sehingga diharapkan diberi kesempatan lagi.

"Lima tahun pertama, pak Ompa (HRM) telah meletakkan fondasi yang kuat untuk lompatan yang lebih besar lagi. Perubahan yang terjadi, itu nampak dari banyak aspek, antara lain daya beli masyarakat Sangihe meningkat", ungkap Ketua Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara Republik Indonesia (LPPNRI) Propinsi Sulawesi Utara, Zeth Walo S.Sos di ruang kerjanya, Senin (18/07/2016).

Dengan begitu, lanjut dia, ternyata HRM dengan Jabes Gaghana terbilang berhasil mengendalikan perekonomian masyarakat. Itu juga nampak jelas dari perbaikan fasilitas umum yang terus dimantapkan.

"Oleh karena itu, pak Ompah masih sangat layak memimpin Sangihe kedua kalinya", cetus Zeth.

Sementara musim Pilkada Sangihe 2017 mendatang, disebut-sebut sejumlah bakal calon siap berjibaku, antaranya Elly Lasut, Donny Makaminang, Jabes Gaghana, dan bakal calon lainnya lainnya.

Meski begitu, Zeth Walo mantan anggota DPR Kota Manado tiga periode ini tetap optimis belum ada calon lain yang dapat menggusur legitimasi HR Makagansa saat ini.

"Belum ada saingan, sebab pak Ompah cukup kuat dan merakyat", tandasnya.

Menariknya Zeth berpesan pada periode kedua kali memimpin Sangihe, sekiranya HR Makagansa dapat memaksimal tol-laut untuk jalur perdagangan langsung dengan Pilipina. "Artinya, Sangihe dapat membuka perdagangan internasional langsung melalui pintu negara Pilipina", pungkasnya.