Rabu, 16 Mei 2012 – 16:07 WITA Telah dibaca 1243 kali

Gubernur Rencana Kunjungi Daerah Perbatasan

Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang menurut rencana akan melakukan kunjungan ke pulau-pulau di daerah Perbatasan. Rencana kunjungan ini akan dilakukan mulai tanggal 18 sampai dengan 22 Mei 2011 dengan menggunakan KRI Teluk Mandar milik TNI Angkatan Laut.

Dalam kunjungan ini gubernur akan bersama dengan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan serta para Kepala SKPD terkait. Kunjungan rencananya akan dimulai dari Pulau Marore di Kabupaten Kepulauan Sangihe kemudian dilanjutkan ke Pulau Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud. Kedua pulau ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina. Dalam perjalanan kembali ke Manado akan singgah di Pulau Intata. Disini akan dilakukan Upacara Adat Manee, salah satu tradisi masyarakat Kepulauan Talaud yang masih tumbuh dan dipertahankan sampai saat ini.

Dalam kunjungan ini gubernur akan melihat langsung kehidupan masyarakat di pulau-pulau tersebut dan akan memantau pelaksanaan kegiatan pembangunan di kedua pulau tersebut. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk menjadikan daerah perbatasan sebagai Beranda Depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kunjungan ini juga akan sangat bermanfaat untuk menyerap aspirasi masyarakat serta melihat langsung peluang-peluang pengembangan yang nantinya akan ditindaklanjuti dalam perencanaan pembangunan kedepan.

Sebagaimana diketahui Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang adalah salah satu Gubernur dari 7 Provinsi Kepulauan yang memprakarsai penyusunan RUU Provavinsi Kepulauan yang saat ini sedang dalam proses pembahasan di DPR-RI. dengan adanya Undang-undang ini, formulasi pengaggaran pembangunan di Provinsi Kepulauan apalagi yang memiliki perbatasan langsung dengan negara tetangga akan akan meningkat karena perhitungannya akan mencakup luasan wilayah laut yang juga merupakan ruang publik. dengan demikian kucuran dana pembangunan bagi daerah kepulauan diharapkan akan mampu mengembangkan dan meningkatkan proses pelaksanaan pembangunan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH, M.Ed selaku Jubir Pemprov SULUT).