Selasa, 31 Januari 2012 – 20:13 WITA Telah dibaca 1987 kali

Menkop: Kementerian Koperasi dan UMKM Akan Fasilitasi Pemkab Sangihe Berpromosi di Jakarta

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Kepulauan Sangihe ke 587 yang berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Kep. Sangihe menjadi istimewa. Hal ini karena kehadiran Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dr. Syarif Hasan dan isteri Inggrid Kansil yang juga anggota Komisi 2 DPR RI bersama wakil Gubernur Sulawesi Utara Dr. Djouhari Kansil, M.Pd bersama Ibu Mieke Kansil Tatengkeng. Demikian pula unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda) antara lain Danrem 131 Santiago, Danlant amal 8 Manado.

Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI Olly Dondokambey, Ketua Komisi 5 DPR RI Yasti Soepredjo Mokoagouw, Anggota DPD RI Aryanthi Baramuli Putri, Kepala Bais Laksamana Muda TNI Soleman Ponto Asisten Administrasi Umum Sekdaprov SULUT Edwin Silangen, SE.M.Si, Inspektur Provinsi SULUT Jeffry Korengkeng, SH, M.Si, Kadis Koperasi dan UMKM Drs, Robby Assah, M.Si, Kadis Perhubungan Ir. P. Tampubolon, Kadis DKP Ir. H.T.R Korah, M.Si, Kadis PU Ir. Eddy Kenap, dan 3 orang staf ahli Gubernur masing masing Drs. John Palandung, M.Si, Ir. Welly Kumentas, M.Si, Drs, Anwar Panawar dan pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dan Kementerian Koperasi dan UMKM.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe P. Jangkobus dan dihadiri oleh seluruh stakeholders pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs. H.R. Makagansa, M.Si dalam sambutannya mengatakan Kabupaten lahirnya Kepulauan Sangihe ditandai dengan berdirinya kerajaan Tampunganglawo pada tahun 1425.

Peringatan HUT ke-587 tahun ini mengisyaratkan sebuah makna leluhur untuk memahami merefleksi dan mengiplementasikan pesan-pesan luhur para pendahulu untuk mencapai tujuan membangun mesyarakat yang lebih sejahtera di masa depan. dengan potensi alam yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Sangihe bertekad untuk mempercepat peningkatan ekonomi rakyat yang berintikan peningkatan pendapatan dan penghasilan rakyat. Semua ini ditujukan untuk mencapai visi kabupaten Sangihe "Mewujudkan Daerah Kepulauan Sangihe sebagai Kabupaten bahari yang sejahtera dan bermartabat".

Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang membacakan sambutan tertulis gubernur Sulawesi Utara, Dr. Sinyo Harry Sarundajang antara lain mengatakan kabupaten Kepulauan Sangihe memiliki sejuta potensi yang dapat dikembangkan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat baik di sektor perikanan, sektor kelautan dan berbagai potensi pertanian seperti cengkih, pala dan kopra.

Kabupaten Sangihe juga memiliki keunggulan letak geoposisi sebagai kawasan perbatasan dan sebagai garda terdepan penjaga kedaulatan RI. Keunggulan ini harus dikelola secara cerdas dengan bertumpu pada four tracks strategy pemerintah yaitu pro growth, pro poor, pro job dan pro environment.

Menteri Koperasi Dr. Syarif Hasan ketika memberikan sambutan mengawalinya dengan rasa syukur karena dapat mengunjungi tanah leluhur istrinya Inggrid Kansil. Menteri melihat bahwa potensi Kabupaten Sangihe sangat menjanjikan untuk dikembangkan.

"Tahun 2012 ini dari keseluruhan anggaran APBN, 400 triliun diantaranya mengalir ke daerah dalam bentuk program-program seperti BOS, PNPM, Program Keluarga Harapan dan lain-lain", ungkap Menkop.

Menteri menjanjikan akan memfasilitasi peningkatan volume program-program ini yang akan diarahkan ke kabupaten Kepulauan Sangihe. Kementerian Koperasi dan KUMKM sendiri memiliki program Kredit Usaha Rakyat yang ditujukan untuk membantu usaha kecil dan menengah. Kredit ini diberikan tanpa agunan sampai dengan jumlah Rp. 20 juta dengan persyaratan harus memiliki usaha yang jelas.

Menteri juga meminta bank-bank pemerintah yang melaksanakan program ini untuk melaksanakannya dengan baik. "Kalau ada bank yang meminta agunan, laporkan kepada aparat saya di daerah", demikian menteri. Kementerian Koperasi juga terus mendorong program One Village One Product.

Oleh karena itu Menteri sangat mengapresiasi upaya pemerintah kabupaten sangihe yang telah berhasil mendorong kelompok usaha mandiri masyarakat untuk mengembangkan produk Ikan Asap yang telah diproduksi dalam kemasan yang baik dan siap dipasarkan. Pada kesempatan ini Menteri berjanji untuk memfasilitasi Pemkab Sangihe untuk melakukan pameran UMKM di Pusat Promosi UMKM di Jakarta. Pada kesempatan itu menteri juga menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan serta meresmikan peluncuran produk ikan asap dan menandatangani prasasti peresmian pasar Manganitu.