Jumat, 20 Januari 2012 – 05:44 WITA Telah dibaca 1347 kali

Pemkab Sangihe Hutang 940 Juta ke Pemilik Lahan

Kota Tahuna, ibukota kapubaten Kepulauan Sangihe.

Sejak tahun 2007 lalu hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe tercatat masih mempunyai hutang yang belum sepenuhnya dapat di bayarkan ke sejumlah pemilik lahan yakni kurang lebih sebesar 940 jutaan rupiah.

Hal ini di katakan oleh kepala Bagian Pemerintahan Setda Sangihe Drs. Kawasa,kamis,(19/01) kemarin di ruang kerjanya. Dikatakan Kawasa, ada beberapa lokasi bangunan yang di bangun dengan dana APBD,yang telah dibayar ke pemilik lahan belum sepenehunya dapat terbayarkan. Ini di karenakan, saat itu Pemkab Sangihe terganjal beberapa masalah sehingga lahan yang sedianya sudah akan terbayarkan tertunda.

"Diakui saat ini Pemkab Sangihe masih mempunyai hutang ke pemilik lahan,dan beberapa lahan yang sudah di bangun bangunan hingga kini masih ada masalah dengan pemiliknya", ungkap Kawasa.

Lanjutnya lagi, di antaranya lahan bangunan Pelabuhan kampong Peta pemkab masih berhutang sebesar 550 juta, lahan di Tabukan Selatan Tengah 150 juta, lahan yang berada di Pasar Naha 186 juta serta lahan pembangunan tempat penyulingan di kampong Kawio sebesar 10 juta rupiah.

Namun di tambahkan Kawasa, hutang-hutang ini dapat segera terealisasi pada tahun 2012 ini dan segera dibayarkan ke pemiliknya pada pertengahan Maret mendatang.

"Muda-mudahan pertengahan maret akan segera terbayarkan hutang-hutang ini, karena ini sudah dianggarkan dalam APBD 2012 melalui penetapan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah belum lama ini", ujarnya lagi.