Rabu, 14 September 2011 – 08:16 WITA Telah dibaca 2194 kali

Isu Pembusukkan Pasangan Calon PILKADA Sangihe TerKuak...

Surat Kaleng Pencemaran Nama Baik Salah Satu Pasangan Calon Pilkada Sangihe Beredar...

Foto ilustrasi.

Saat umat Nasrani di kecamatan Tabukan Utara baru pulang beribadah di gereja Minggu kemarin, warga desa Enemawira dikejutkan dengan isu penyebaran surat kaleng yang ditujukan untuk "membusukkan" salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pemilukada Sangihe. Masyarakat di salah satu kecamatan yang paling banyak penduduknya serta pemilihnya, digegerkan dengan isu yang nyaris berakibat anarkis dan meng-adudomba tersebut.

Menurut salah satu warga desa Enemawira, surat kaleng tentang pembusukkan salah satu pasangan calon usungan partai gabungan dan banteng bermoncong putih itu berawal dan berasal dari desa Bawongkulu/Bongkulu, dari salah seorang warga yang tidak jelas identitasnya itu, mengatakan bahwa "calon bupati tersebut telah ditangkap KPK oleh sebab kasus proyek yang entah berantah asal muasalnya itu". Namun setelah ditinjau oleh beberapa wartawan Biro Sangihe dari media cetak maupun online ke lokasi desa Bawongkulu atau Bongkulu itu, surat kaleng yang berisi tentang pencemaran nama baik tersebut tidak ditemukan alias hanya merupakan berita burung yang telah direkayasa oleh oknum tertentu dan tidak bertanggung jawab tersebut.

"Dihimbau kepada masyarakat Tabukan Utara terlebih khusus warga desa Enemawira dan sekitarnya agar menjaga sikap dan jangan gampang terpancing ulah oknum yang mau memecah-belah persatuan dan kesatuan serta menginginkan kekacauan di tubuh kepartaian maupun yang ingin mengadu-domba persatuan dan kesatuan NKRI terlebih dalam masa-masa tenang ini kita wajib menjunjung tinggi toleransi dan saling menghormati kejur-dilan jelang Pemilukada besok hari (hari ini-red)", ujar Kapitalaung Desa Enemawira, Desmon Lesawengen.

Himbauan datang pula dari petinggi di kecamatan Tabukan Utara agar warga dapat mengendalikan diri serta berpikir positif dan tidak terpancing anarkisme akibat oknum-oknum tertentu dan tidak bertanggung jawab.