Rabu, 20 April 2011 – 10:11 WITA Telah dibaca 1139 kali

Bank Dunia Diminta Turun ke Sangihe

Peruntukan Dana Tak Jelas

Upaya pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe dalam rangka mensejahterakan dan memajukan perekonomian masyarakat dengan berbagai upaya, selama ini tak membuahkan hasil. Pasalnya, angka kemiskinan dan pengangguran di wilayah itu makin meningkat tak ada penurunan yang signitifikan.

Padahal aliran dana yang selama ini dikucurkan ke Pemkab Sangihe yang bigitu besar tak mampu membendung angka kemiskinan. Seperti dana dari Bank Dunia yang setiap saat mengalir ke sejumlah SKPD tak jelas peruntukannya.

Sebut saja program PNPM, Fiati yang selama ini dikucurkan ke Sangihe tak jelas hasilnya. Hal ini menimbulkan pertanyaan dikalangan masyarakat dikawasan itu. Bagaimana tidak program yang dicanamkan oleh Pemerintah selama ini tidak ada perubahan, malah rakyat makin sengsara.

"Kami minta Bank Dunia supaya turun di Sangihe untuk melakukan pemeriksaan Dana yang diturunkan salama ini, karena terbukti program pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan dengan sejumlah program dari Bank Dunia boleh dikatakan gagal, karena angka kemiskinan kian meningkat", ungkap Ketua LP3ST Very Bawole dan Ketua LSM KadademaheMarslem Pulumbara.

Ditambahkan mereka, Program PNPM yang selama ini membantu perekonomian rakyat kecil tidak tepat sasaran. Baik itu dari program Dinas Pertanian, Program Badan pemberdayaan Masyarakat, BP4K dan lainnya tidak ada kemajuan bagi masyarakat Sangihe itu sendiri.