Kamis, 20 Oktober 2011 – 09:17 WITA Telah dibaca 1806 kali

Kebutuhan 2012

RSUD Liun Kendage Usul Tambah 12 Dokter Ahli

Guna menjawab serta meningkatkan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liun Kendage untuk tahun 2012 mendatang. Maka pihak RSUD LIun Kendage pun telah mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk dilakukan penambahan 12 dokter ahli.

Selain 12 dokter ahli, pihak RSUD ikut juga mengajukan penambahan 6 calon dokter ahli untuk bertugas di satu-satunya rumah sakit di daerah perbatasan ini. Hal itupun dikatakan Direktur RSUD Liun Kendage Tahuna, Dr Handri Pasandaran MM kepada sejumlah wartawan, Rabu (19/10) kemarin.

Dikatakannya, belum lama ini pihaknya mengajukan permohonan kepada Kemenkes untuk dilakukan penambahan 12 Dokter Ahli guna bisa bertugas di RSUD Liun Kendage Tahuna. Dokter ahli yang diajukan yakni penyakit dalam, kebidanan dan kandungan, anak, radiologi, Patologi klinik, Telinga Hidung Tenggorokan (THT), Patologi Anatomi, Rehabilitasi Medik, Gigi Spesialis serta penyakit kulit dan kelamin.

Sedangkan untuk calon dokter ahli yang diusulkan yakni anak, mata, radiologi, anastesi, THT dan neurologi atau saraf. Usulan yang dilakukan oleh RSUD Liun Kendage pun diharapkan dapat segera dijawab guna peningkatan pelayanan di tahun 2012 mendatang.

Bahkan menurutnya, beberapa waktu lalu pihaknya telah menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Kemenkes terkait usulan itu.

Dan dalam usulan yang telah disepakati pada naskah MoU, pihak RSUD Liun Kendage siap memberikan sejumlah fasilitas dan memberikan intensif.

Di mana fasilitas yang ditawarkan diantaranya rumah dinas, mobil dinas serta kebutuhan harian lainnya. Sedangkan untuk intensif ditawarkan sekitar Rp 23 Juta per dokter diluar jasa medik.

"Semoga tahun 2012 mendatang usulan ini bisa terjawab sehingga bisa lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di RSUD ini", papar Pasandaran.

Hal ini turut diapresiasi oleh salah satu LSM di Sangihe melalui wakil ketua LSM Tanalawo Ruben Madea. Menurutnya, saat ini keterbatasan dokter ahli membuat sejumlah pelayanan di Rumah sakit tidak maksimal. Sehingga langkah pemerintah ini sangat perlu di lakukan.