Jumat, 24 Juni 2011 – 11:22 WITA Telah dibaca 1526 kali

Kansil Tinjau Posyandu Cerdaas Kelurahan Tona

Wakil gubernur SULUT, Djouhari Kansil.

Wakil Gubernur SULUT Drs Djouhari Kansil, MPd bersama isteri Ny. Mieke Kansil Tatengkeng didampingi wakil bupati Sangihe, Yabes Gaghana SE dan isteri, Dra. Ririswati Gaghana Katamsi melakukan peninajaun Posyandu Cerdas yang terletak di kelurahan Tona Dua kecamatan Tahuna Timur Kamis kemarin.

Setibanya Wagub Kansil dan rombongan langsung mendapat sambutan hangat dari para anak-anak TK yang tergabung dalam Posyandu Cerdas Tersebut. Sebelum melakukan peninajaun Kansil dan isterinya telah memberikan bantuan berupa paket buku bacaan anak-anak, paket mainan PAUD serta obat-obatan.

Dalam sambutannya Kansil mengatakan, Posyandu Cerdas merupakan program dari Pemerintah Provinsi yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan BKKBN SULUT. Tujuan dibentuknya Posyandu Cerdas ini adalah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan kesehatan anak-anak sambil bermain kondisi kesehatan mereka juga terus mendapat pemeriksaan dokter.

"dengan dasar itulah sehingga Posyandu ini dibentuk, karena merupakan gabungan program pendidikan dan kesehatan", katanya.

Aktivitas Posyandu ini tidak hanya bagi anak-anak yang mendapat pemeriksaanpelayanan kesehatan setiap hari tetapi juga sekaligus dengan orang tuanya. Sedangkan tujuan lainnya menurut Kansil, adalah dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Karena itu Ia berharap Pemkab Sangihe dapat membentuknya di setiap kecamatan yang ada. Sebab Posyandu Cerdas merupakan yang keempat dari empat Kabupaten/kota di SULUT pertama di Manado, Bitung, Talaud dan terakhir di Sangihe.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Sangihe, Dr. Maya Wanget melaporkan pencanangan Posyandu Cerdas Kelurahan Tona Dua telah dicanangkan oleh Bupati Sangihe Drs Winsulangi Salindeho pada tanggal 7 Juni 2011 di Desa Kauhis, dan di Sangihe sudah ada dua Posyandu Cerdas yakni di Tahuna dan Manganitu, jelasnya.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Inspektur Jeffry Korengkeng, Kadis PU Ir Eddy Kenap, Kadis Sosial Ir Ricky Tumandoek, Kadis Kelautan dan Perikanan Ir. H.T.R Korah dan Kadis Pertanian dan Peternakan Ir Johanis Panelewen. Selanjutnya Wagub melakukan peninjauan jembatan Malebur I dan jembatan Malebur II yang merupakan proyek yang dibiayai dari dana APBN 2011 sebesar Rp. 14 M yang rencananya Oktober tahun ini kedua jembatan tersebut sudah selesai dibangun. Kemudian wagub Kansil juga meninjau pelabuhan perikanan dan peninjauan pengerjaan jalan di Dagho.