Kamis, 18 Agustus 2011 – 16:47 WITA Telah dibaca 1933 kali

Pengembangan Pariwisata Sangihe-Nusa Utara Butuh Perhatian Serius Demi Peningkatan Devisa...

Potensi Wisata Pantai Manganithu Sangihe Bakal Saingi Bali...

Lagi, Minimnya perhatian pemerintah kabupaten kepulauan Sangihe Nusa utara dalam mengembangkan potensi pariwisatanya nampak kabur dan tak bermasa depan. Hal ini dapat ditinjau melalu kurangnya perhatian Pemerintah dan Dinas terkait dalam mengatur serta memperbaiki potensi yang ada, yakni potensi wisata pantai yang sangat menawan hati para pengunjung lokal maupun mancanegara itu.

Keindahan serta keelokan pantai di kabupaten sangihe Nusa utara tersebut menimbulkan banyak kritikan pedas dari sejumlah kalangan, baik Tokoh Adat Sangihe, Tokoh Masyarakat serta Aliansi perlindungan serta pengembangan potensi wisata daerah kepulauan Nusa Utara tersebut. Disamping itu pengaturan dan kepedulian dari Dinas terkait tidaklah nampak oleh karena minimnya Dana Pengalokasian sebagai penunjang bahkan pendukung untuk disalurkan ke Dinas bersangkutan. Hal tersebut di benarkan oleh beberapa Masyarakat Sangihe yang enggan membeberkan Identitasnya itu. Dilain pihak Pemerintah Kabupaten Sangihe terkesan Acuh tak Acuh dalam hal menggarap potensi Pariwisata Sangihe yang sangat Kaya dengan Sumber Daya Alamnya serta peninggalan-peninggalan bersejarah lainnya.

Sebagai Contoh pantai yang berada di Desa Manganithu-Tabukan selatan yang memiliki Nuansa pantai yang elok nan Eksotis itu diyakini bakal menbyaingi potensi wisata yang telah terkenal di Pulau Dewata, yakni Bali. Disamping itu pantai Mangaithu yang lebih dikenal dengan Pantai pulau Karang Bukide itu ternyata menyimpan keindahan yang luar Biasa dan memiliki pantai yang luas dan landai, apalagi disaat Air Laut lagi Surut, Sehingga memudahkan penikmat wista pantai untuk vergerak bebas, berjalan kaki menyusuri seluruh pantai tersebut bahkan dapatmencapai Pulu atol yang bernama Bukide tersebut dengan bernapak tilas..

Sayangnya potensi wisata pantai Manganithu tersebut hanyalah bersifat manual saja dan belum tersentuh tangan-tangan yang mengelolanya. Disamping itu oleh karena tata letaknya yang terletak di sebelah barat pantai, disana juga sangatlah cocok untuk menikmati saat Sunset tiba, itupun apabila langit di Cakrawala Sangihe lagi pada Cerah.... Selain itu pantai yang landai dan rata itu dapat malahan sangatlah cocok untuk Berselancar ataupun ber Surfing Ria layaknya pantai kuta Bali.

Sekian/

Liputan: N. Kansil-Biro Sangihr