Rabu, 28 Juni 2017 – 20:39 WITA Telah dibaca 135 kali

Akan Dikunjungi Obama, Puncak Becici Tak Ditutup Untuk Wisatawan

Puncak Becici, salah satu daya tarik wisata di Bantul yang akan dikunjungi oleh Barrack Obama dan keluarga

SUARAMANADO, Nasional: Polisi telah siaga mengamankan lalu lintas di sekitar kawasan Puncak Becici Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Meski kawasan ini akan dikunjungi rombongan Presiden ke-44 AS Barack Obama, masyarakat masih bisa melintasi jalur tersebut.

"Pengamanan kami tidak akan mengurangi atau mengalahkan mereka (wisatawan) yang mau ke objek wisata. Hanya mungkin perjalanan mereka hanya tersendat atau terganggu sedikit", jelas Kasat Lantas Polres Bantul AKP Imam Bukhori, saat dihubungi, Kamis (29/6/2017).

Bukhori mempersilakan para wisatawan yang hendak berlibur ke Puncak Becici Dlingo Bantul, atau ke kawasan objek wisata lainnya di sekitar Dlingo untuk tetap berkunjung. Hanya saja, nantinya jalan itu akan diprioritaskan untuk rombongan Obama.

"dari masyarakat tetap dipersilahkan menuju tempat wisata, termasuk Puncak Becici", tambahnya.

Tetapi karena Obama adalah adalah tamu Very Very Important Person (VVIP), pihaknya akan memprioritaskan kunjungan Obama. "Untuk jalur tetap kami buka. Tapi kami tetap memprioritaskan kunjungan Obama", ungkap Bukhori.

Pihaknya meminta masyarakat dan wisatawan memaklumi jika nantinya perjalanan mereka sedikit terganggu. Hal ini dikarenakan polisi memprioritaskan rombongan mantan Presiden AS itu.

"Ya nanti paling perjalanan mereka (wisatawan) agak tersendat, agak terganggu sedikit", pungkas Bukhori.

Sementara itu, pihak pengelola Kawasan Puncak Becici, Sugandi, memastikan kawasan wisata itu tetap dibuka untuk umum. Meski begitu, pihak pengelola dan aparat kepolisian serta tentara, akan menata pengunjung terkait pengamanan rombongan Obama.

"Tidak ditutup untuk umum. Nanti kami sterilkan untuk tempat parkir", jelas Sugandi saat ditemui di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Rencananya jalan yang akan dilewati Obama masuk ke Puncak Becici akan disterilkan sampai 30 meter. Pengunjung diharap maklum dengan pengaturan tersebut.

"Kunjungan tetap normal, insyaallah masuk Puncak Becici boleh, tapi ada ruang yang disterilkan. Nanti pengunjung diminta agak menjauh 30 meter", sebutnya.