Rabu, 4 November 2015 – 19:48 WITA Telah dibaca 672 kali

Ibu Negara Iriana Ajak Masyarakat Perang Melawan Cacingan

FOTO

SUARAMANADO, Nasional: Ibu Negara Iriani Widodo hari ini membuka acara Gerakan Waspada Cacingan. Ia pun berharap agar gerakan ini dapat dipelopori oleh para ibu-ibu PKK.

Pencanganan gerakan ini dilakukan di Gedung Sasana Kriya, TMII, Jaktim, Kamis (5/11/2015). Pencanangan merupakan kerjasama antara Johnson and Johson dan PKK seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara ini selain Iriana adalah istri Wapres JK, Mufidah Jusuf Kalla dan istri Mendagri Erni Guntari Tjahjo Kumolo yang merupakan ketua tim penggerak PKK pusat. Ratusan perwakilan PKK dari sejumlah wilayah juga turut hadir dalam pelaksanaan ini.


"Melalui gerakan ini kami berharap agar semua masyarakat bisa memperhatikan kebersihannya. Mari kita semua berkomitmen dengan pencanangan ini", ungkap Erni dalam sambutannya.

Sementara itu menurut Direktur Johnson and Johnson Indriyanti Soemarsono, kerja sama kedua belah pihak dilakukan karena pihaknya melihat infeksi cacingan berdampak sangat besar bagi anak-anak. Untuk itu diperlukan upaya pencegahan dan penangan khususnya yang dilakukan oleh ibu-ibu.

"Gerakan waspada cacingan ini merupakan sebuah gerakan untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya para ibu, mengenai bahaya cacingan", kata Indriyanti dalam kesempatan yang sama.

Sejumlah bentuk kegiatan untuk pencegahan bahaya cacingan ini disebut Indriyanti juga telah dilakukan Johnson and Johnson. Seperti membuat video pesan layanan masyarakat dan lembar informasi mengenai cacingan di 88 kabupaten dan kotamadya dengan berkolaborasi bersama Kementerian Kesehatan.

"Kami menyadari bahwa edukasi yang terus menerus harus dilakukan terutama untuk melakukan tindakan pencegahan. Untuk itu kami bekerjasama dengan PKK untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya cacingan", tuturnya.

"PKK merupakan partner tepat dan strategis untuk melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya cacingan karena PKK memiliki kader yang bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia hingga ke unit sosial terkecil yaitu keluarga. Kami percaya PKK memiliki kader yang tangguh dan penuh komitmen untuk bersama-sama mengatasi persoalan infeksi cacingan di negeri ini", sambungnya.

Iriana yang tampil cantik dengan baju kurung warna merah marunnya pun lalu diminta untuk membuka pencanganan gerakan ini. Ia berharap agar ibu-ibu PKK benar-benar serius dalam melakukan gerakan waspada bahaya cacingan.

"dengan ini saya canangkan gerakan waspada cacingan untuk anak Indonesia sehat dan cerdas", ucap Iriana sambil menekan tombol sirene tanda dibukanya gerakan tersebut.

Istri Presiden Joko Widodo memiliki pesan tersendiri kepada para ibu-ibu PKK. Agar tak menyerah dalam melakukan sosialisasi maupun kegiatan lainnya dalam gerakan waspada bahaya cacingan.

"Semangat ya bu karena kita harus sosialisasi sampai ke bawah. Saya tidak mau ini cuma hanya sebatas gerakan saja, harus dilanjutkan dengan tuntas sampai tidak ada lagi kasus cacingan di Indonesia", tukas Iriana yang terlihat anggun dengan sanggul sederhananya itu.