Rabu, 13 Desember 2017 – 19:24 WITA Telah dibaca 77 kali

Jadi Ketum Golkar, Airlangga Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto

SUARAMANADO, Nasional: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan siap menjalankan roda organisasi bersama kader seluruh Indonesia, demi kemenangan Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden 2019.

Menurut dia, keputusan itu bukan baru diputuskan, melainkan hanya menjalankan amanat rapat pimpinan nasional sebelumnya yang telah mengusung Jokowi sebagai calon presiden.

"Partai Golkar juga berkomitmen mendukung pemerintahan Pak Jokowi dan Jusuf Kalla sampai 2019. Golkar dalam rapimnas lalu juga mendukung bapak presiden untuk mencalonkan pada 2019 sampai 2024", kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu malam 13 Desember 2017.

Airlangga yang juga Menteri Perindustrian mengatakan, dukungan terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta itu dalam Pilpres mutlak dilakukan.

Ia pun mengapresiasi sikap Jokowi-JK yang memberi ruang kepada Golkar untuk mengatasi masalah internalnya sesuai aturan.

Menurut dia, partai politik merupakan pilar penting dalam sistem demokrasi, sebagaimana masyarakat juga ikut memantau dalam tiap prosesnya.

Airlangga menjadi ketua umum Golkar menggantikan Setya Novanto lantaran berstatus terdakwa dalam kasus dugaan korupsi e-KTP.

"Rapat pleno telah memutuskan penggantian Ketua Umum dari Bapak Setya Novanto atas Bapak Airlangga Hartarto", kata Ketua Harian Partai Golkar Nurdin Halid di Kantor DPP Partai Golkar, Rabu malam 13 Desember 2017.

Pengukuhan Airlangga akan dilakukan pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 19–20 Desember 2017. Sebelum dilakukan Munaslub, terlebih dahulu dilakukan rapat pimpinan nasional terkait laporan pergantian umum pada 18 Desember 2017. (