Kamis, 10 April 2014 – 16:33 WITA Telah dibaca 533 kali

Koalisi ‘Mega Surya’ Cukup Untuk Usung Jokowi

Jokowi Bersama Istri

SUARAMANADO, Nasional: PDIP dan Partai NasDem menggagas koalisi yang diberi kode ‘Mega Surya’. Koalisi ini sudah cukup untuk mengusung Jokowi sebagai capres.


Untuk mengusung capres, parpol atau gabungan parpol harus memenuhi syarat 25 persen perolehan suara sah nasional atau 20% kursi di DPR. Berkaca dari hasil quick count yang dilakukan LPP RRI, perolehan suara PDIP 18,57% ditambah 6,71% suara NasDem, perolehan total kedua partai mencapai 25,28%. Sudah memenuhi syarat untuk mengusung capres sendiri.

PDIP dan NasDem memang sudah berkomitmen menggagas koalisi. Pertemuan elite PDIP dan NasDem semakin intens dilakukan. Siang tadi Ketum NasDem Surya Paloh menjamu Sekjen PDIP dan elite lainnya di Kantor DPP NasDem di Gondangdia, selepas itu para elite PDIP langsung menghadap Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Kabarnya pertemuan itu membahas finalisasi koalisi. Konon NasDem menawarkan sejumlah kandidat cawapres Jokowi seperti Jusuf Kalla dan Dahlan Iskan. Namun elite PDIP dan NasDem belum mau terbuka.

Namun soal kepastian koalisi PDIP-NasDem sepertinya sudah tinggal menunggu waktu saja. Sekjen Partai NasDem Paatrice Rio Capella menyebut akan dibentuk koalisi ‘Mega Surya’.

"Bisa koalisi Mega-Surya, itu artinya sinar yang besar", selorohnya.

Kedekatan Surya Paloh dan Megawati memang sudah kondang. Sebelum pertemuan ini, Surya Paloh sempat bertemu Megawati di Surabaya saat masa kampanye. Setelah pertemuan itu, Surya memuji-muji Megawati dan capres PDIP Jokowi.

Lalu apakah PDIP hanya akan bersama NasDem di Pileg mendatang? ataukah akan merangkul partai koalisi lain seperti PAN dan PKB yang sudah ditemui sebelumnya?