Selasa, 10 April 2012 – 13:06 WITA Telah dibaca 553 kali

Menimbah Ilmu di "Negeri Dumai" Kepulauan Riau

Senyum Bupati Bolaang Mongondow Hi Salihi B Mokodongan mengembang meski pagi itu Senin, 9 April masih terasa dingin di langit Dumai, Provinsi Kepulauan Riau. Ia mengawali hari dengan observasi lapangan (OL) bersama rombongan bupati/walikota lainnya dalam lanjutan Bimtek Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah seiring dengan terbitnya mentari.

Suasana ceria seperti ini berlanjut hingga hari kedua bupati dan rombongan berada di daerah kepulauan itu. Banyak kegiatan lapangan yang dilakukan Bupati SBM bersama rombongan. Namun, yang terpenting bagaimana tim bisa melaksanakan obrservasi lapangan di ‘Negeri Dumai’ Kepulauan Riau itu dengan Perfect yang nantinya kembali dilaporkan ke panitia bimtek di Kemendagri RI. '‘Beliau (Bupati Hi Salihi B Mokodongan, red) berada di Dumai selama 3 hari’,' aku Eka Putra Korompot, Kabag Umum saat dihubungi tim pemberitaan Humas Bolmong dari Jakarta, Selasa (10/3).

Dia menambahkan, peserta dibagi ke dalam 4 kelompok, setiap kelompok mengunjungi 1 Provinsi dan Kabupaten. Selanjutnya, bupati berada di Dumai sejak Senin (9/4) kemarin, yang selanjutnya akan berakhir Rabu (11/4) besok hari. Usai kegiatan OL itu Kamis 12 April, kembali ke Jakarta. Apalagi, SBM bersama 4 bupati/walikota melanjutkan Bimtek di Balai Diklat Kemendagri RI di Kalibata. '‘Beliau akan mempresentasikan hasil kunjungan lapangan. Ini bagian dari tugas beliau selama di bimtek’,' aku Korompot.

Sementara itu, Bupati Bolmong Hi Salihi B Mokodongan mengaku, sangat merasakan dampak dari kegiatan ini. Apalagi bimtek ini muaranya bagaimana rakyat Bolmong ke depan bisa sejahtera. '‘Insyah Allah apa hasil yang saya dapatkan ini (bimtek di Kemendagri RI, red) dapat bermanfaat untuk masyarakat Bolmong, terlebih dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan’,' aku SBM.

Sekedar diberitakan, Bupati SBM sejak 26 Maret lalu berada di Balai Diklat Kemendagri RI. Selama di bimtek, begitu banyak ilmu yang didapat top eksekutif Bolmong ini. Mereka yang mengajar pun cukup berpengalaman. Mereka diantaranya mantan Mendagri RI Prof Dr Rias Rasyid, mantan Gubernur Lemhanas Prof Dr R Maya, petinggi Kejagung RI, petinggi Mabes Polri, BPK RI Jakarta, dan Ketua KPK RI Abraham Samad.