Kamis, 9 Februari 2012 – 17:12 WITA Telah dibaca 503 kali

Kansil Hadiri HPN 2012

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Dr. Djouhari Kansil, kamis (9/2) menghadiri acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-27 tahun 2012 yang dipusatkan di Provinsi Jambi. Kehadiran Kansil dalam HPN tersebut selain karena undangan juga sekaligus untuk memastikan pelaksanaan HPN ke-28 tahun 2013 mendatang yang sedianya akan dilaksanakan di SULUT.

'‘Penghargaan bagi Pemerintah ketika diundang di acara puncak HPN ini, mengingat pers adalah mitra pemerintah dalam membangun bangsa dan daerah’,' ujar Kansil sembari menambahkan bahwa terkait dengan pelaksanaan HPN 2013 yang akan dilaksanakan di SULUT, pada prinsipnya Pemerintah, insan pers, dan seluruh warga SULUT siap menjadi tuan rumah yang baik. '‘dengan pengalaman SULUT yang sukses menggelar beberapa iven nasional bahkan internasional, mudah-mudahan HPN tahun depan juga akan terlaksana dengan baik’,' ujarnya.

Puncak peringatan HPN tersebut berlangsung di gedung DPRD Provinsi Jambi dan dihadiri langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani Yudhoyono. Selesai dengan acara puncak yang dimulai tepat pukul 14.00 WIB, Kansil bersama rombongan Kepala Negara langsung meninjau Pameran Pers dan Jambi Expo 2012 di Arena Eks MTQ Paal Merah, Jambi. Pameran tersebut diikuti oleh sejumlah institusi pers.

Menurut Kansil, ada sejumlah pesan SBY dalam perayaan HPN tersebut, salah satunya, mengimbau media agar mulai meramaikan bursa calon presiden 2014. SBY meminta agar memperhatikan peristiwa besar 2014 pemilu dan pilpres dengan cara memberikan anjuran agar pers mulai mendisuksikan hal-hal ini dan memberi forum pada orang-orang yang potensial dalam memimimpin Indonesia di masa yang akan datang.

'‘Presiden juga berpesan soal suasana demokrasi di Indonesia. Terutama mengenai Pemilukada dimana dalam hal ini pers diharapkan tetap berperan dalam pemberian informasi bagi rakyat. Pers harus dapat mengejawantahkan agar rakyat tahu semua informasi baik yang sifatnya nasional, maupun internasional", jelas figur yang dikenal dekat dengan pers ini. (Jubir Pemprov SULUT, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)