Kamis, 26 Oktober 2017 – 13:36 WITA Telah dibaca 32 kali

Rahasia Sukses Jadi Vegetarian

Ilustrasi Vegetarian

SUARAMANADO, Nasional: Familiar dengan istilah "you are what you eat"? Tidak bisa dipungkiri, pola makan yang dimiliki berpengaruh besar pada kondisi kesehatan. Misalnya saja, terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, atau mengandung pengawet bisa memicu masalah kesehatan mulai dari obesitas, serangan jantung, hingga stroke.

Kalau ingin menerapkan gaya hidup sehat, mengikuti pola diet vegetarian bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Biarpun nggak segampang yang dibayangkan, tapi ada beberapa kunci sukses menjadi vegetarian. Simak infonya di sini.

Temukan Pengganti Makanan Favorit

Menjadi vegetarian artinya berkomitmen untuk tidak mengkonsumsi bahan makanan hewani. Dulu pola makan ini kurang disukai karena dianggap sulit dan tidak lezat.

Tapi seiring perkembangan zaman, tren diet vegetarian mulai digemari dan memunculkan aneka resep maupun produk vegan yang tak kalah lezat. Untuk memunculkan rasa daging, coba cicipi olahan kacang-kacangan atau tahu yang sama-sama punya citarasa gurih dan sukses menggoyang lidah.

Tambahkan Buah dan Sayuran ke Menu Kesukaan

Banyak yang berpikiran menjadi vegetarian hanya bisa memakan buah dan sayuran saja. Tapi yang perlu diingat-ingat, ini bukan hanya sekadar diet tapi juga gaya hidup yang harus diikuti demi tubuh yang lebih sehat.

Agar tetap setia menjalankan pola makan ini, variasikan menu makan agar tidak mudah bosan. Selain salad dan smoothie, bisa juga mencoba menambahkan jamur, brokoli, paprika, dan nanas sebagai topping pizza, menggunakan saus berbahan sayuran untuk hidangan pasta, atau tambahkan daun bayam maupun alpukat ke sandwich.

Ganti Produk Berbahan Susu

Menjadi vegetarian mengharuskan seseorang untuk menghindari makanan berbahan susu. Untungnya, kini ada berbagai produk pengganti yang mudah ditemukan di supermarket untuk mencukupi gizi dan mendukung menu makan para vegetarian.

Untuk menggantikan susu dalam mangkuk sereal, coba alternatif susu almond atau sari kedelai. Sedangkan untuk keju atau butter, kini juga ada produk khusus yang terbuat dari protein nabati.

Masih Boleh Makan Ikan

Tergantung pada jenis diet vegetarian yang dipilih, pescatarianisme memang menyarankan untuk menghindari semua daging sapi dan unggas, tapi tetap memperbolehkan memakan ikan. Keuntungannya, ikan mudah dimasak, kaya lemak sehat, dapat membantu daya kerja otak, hingga menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh. Tambahkan seafood ke dalam menu makanan, misalnya menggunakan salmon atau tuna kaleng sebagai pengisi sandwich, atau panggang fillet ikan dengan tambahan herba dan kucuran sari lemon.

Dengan menjaga pola makan, kamu nggak hanya bisa mengontrol timbangan saja. Tapi sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih sehat dan nggak mudah terserang penyakit. Salah satu yang cukup sering dialami saat imun menurun adalah batuk membandel yang mengganggu aktivitas sehari-hari.