Rabu, 19 Juli 2017 – 20:59 WITA Telah dibaca 112 kali

Makan Sayur Mentah Lebih Menyehatkan? Ini Kata Dokter

Sayur mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Hingga tak jarang, ada orang yang mengonsumsi sayur dalam keadaan mentah.

SUARAMANADO, Nasional: Sayur mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Hingga tak jarang ada orang-orang yang langsung mengonsumsi sayur dalam keadaan mentah atau tanpa proses pemasakan.

Apakah kebiasaan tersebut sehat? Dr dr Samuel Oetoro MS SpGK(K) berkomentar bahwa pada dasarnya mengonsumsi sayur dalam keadaan mentah memang merupakan hal yang baik. Alasannya karena kandungan nutrisi pada sayur jadi tidak terbuang seperti pada proses pemasakan.

"Bagus jadi semua nutrisi masuk dalam tubuh dan nggak kebuang saat dimasak", ucap dokter yang praktik di MRCCC Siloam Hospital.

Namun dr Samuel mengingatkan untuk tidak selalu mengonsumsi sayuran mentah. Pasalnya hal tersebut juga dapat berisiko bagi kesehatan.

"Hati-hati terlalu sering makan sayuran mentah bisa terjadi kelemahan dalam enzim pencernaan", sambung pria kelahiran 1958 ini.

Kelemahan dalam sistem pencernaan dijelaskan dr Samuel karena proses kerja saluran cerna yang berat dalam mencerna sayur mentah. Dampaknya bisa berujung pada defisiensi terhadap enzim B12.

Oleh karena itu dr Samuel menyarankan untuk selalu mengonsumsi makanan dengan seimbang. "Jadi makan itu yang seimbang jangan terlalu ekstrim. Makan sayur mentah boleh tapi diatur aja jangan raw food semua, misalnya ada juga yang dimasak", pungkasnya.