Minggu, 9 Juli 2017 – 20:48 WITA Telah dibaca 58 kali

4 Langkah Hindari Tertular Flu dari Teman Kantor

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling mudah menular di kantor. Simak langkah-langkah pencegahan tertular flu di sini ya

SUARAMANADO, Nasional: Flu merupakan salah satu penyakit yang paling mudah menular di kantor. Jika ada satu saja orang yang terinfeksi flu, lima orang lainnya berisiko mengalami infeksi flu juga.

Tertular flu dari teman kantor tentunya akan membuat produktivitas berkurang. Bahkan bisa jadi membuat Anda harus tidak masuk kerja karena harus beristirahat di rumah.

SUARAMANADO pun merangkum beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari tertular flu dari teman kantor. Apa saja?

1. Sering-sering cuci tangan

Tangan merupakan sarana perpindahan kuman paling besar, tak terkecuali virus flu. Teman kantor yang sedang flu bisa saja menularkan penyakitnya melalui jabat tangan, atau benda-benda lain yang sering disentuh seperti gagang pintu, sendok makan, atau gelas. Oleh karena itu, sering-seringlah cuci tangan menggunakan sabun, terutama setelah dari kamar mandi atau setelah memegang benda-benda di atas.

2. Jaga jarak

Saat bersin, kuman dapat meluncur hingga 3 meter dan bertahan di udara selama 45 menit. Itulah sebabnya mengapa flu mudah sekali menular di kantor.

Jika ada rekan kerja yang sedang flu, ada baiknya Anda menjaga jarak saat berbicara. Jangan lupa juga ingatkan teman yang sedang flu untuk menggunakan masker di kantor.

3. Jaga daya tahan tubuh

Melakukan langkah pencegahan di atas akan menjadi percuma jija Anda sendiri tidak menjaga daya tahan tubuh secara maksimal.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah, makan makanan dengan gizi seimbang, kelola stres serta tidur yang cukup merupakan cara-cara menjaga daya tahan tubuh yang baik. Jika perlu, konsumsi vitamin dan mineral agar tubuh tetap bugar.

4. Vaksinasi flu

Vaksinasi influenza merupakan salah satu langkah pencegahan flu paling optimal. dengan melakukan vaksinasi flu satu tahun sekali, risiko tertular flu berkurang hingga lebih dari 80 persen.

Namun sekali lagi, vaksinasi saja tidak cukup untuk mencegah penularan penyakit. Gaya hidup sehat tetap harua dilakukan agar efek vaksinasi optimal.