Kamis, 3 November 2016 – 21:21 WITA Telah dibaca 627 kali

APTISI; Tidak Adil Alokasi Anggaran Perguruan Tinggi di Indonesia

Ketum APTISI Budi Djatmiko dan Ketua APTISI SulutGo Olfie Lomboan
SUARAMANADO,Manado. Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasata Indonesia (APTISI) mengkritisi kebijakan pemerintah RI atas alokasi anggaran pendidikan Perguruan Tinggi yang tidak adil antara PTS dan PTN dimana 90% Dana Perguruan Tinggi berada di Perguruan Tinggi Negeri.

Seperti yang disampaikan Dr. Ir. Budi Djatmiko,M.Si, MEI dalam pembukaan Rapat Pengurus Pusat Pleno (RPPP) ke 1 APTISI di Graha Gubernuran Manado Propinsi Sulawesi Utara tadi malam. Menurut Budi, saat ini dari jumlah 4.320 PTS se Indonesia kenyataannya hanya mendapat alokasi Dana Perguruan Tinggi sebesar 10% padahal Perguruan Tinggi Negeri hanyalah 10% dari Total PT di Indonesia.

Kondisi seperti ini jelas ketimpangan alokasi Dana PT yang seharusnya PTS mendapat dana lebih sesuai jumlah PTS yang ada, bahkan menurut Djatmiko negara yang tidak memperhatikan pendidikan terancam punah dari peradaban bangsa-bangsa.

Alasannya sangat jelas karena jumlah mahasiswa PTS jauh lebih banyak dari jumlah mahasiswa PTN yang pada gilirnya ikut menentukan kwalitas SDM yang berdaya saing di Indonesia.

Olfie Lomboan,SE.MM Ketua APTISI SULUT-Gorontalo

Djatmiko bahkan menitip pesan buat Gubernur Propinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang diwakili Edwin Silangen selaku Sekertaris Propinsi pada pembukaan RPPP ke 1, agar memberi perhatian melalui anggaran APBD terhadap PTS di Sulawesi Utara.

RPPP ke 1 APTISI memilih Kota Manado Propinsi Sulawesi Utara sebagai tempat pelaksanaan sebagai bentuk perhatian atas kemajuan SULUT dibidang pariwisata sekaligus mengenal lebih dekat masyarakat SULUT yang terbuka serta tetap menjaga kerukunan beragama.

Ketua APTISI SULUT Gorontalo Olfie Lomboan SE,MM menyampaikan terima kasih kepada pengurus APTISI pusat yang menjadikan SULUT sebagai Tuan dan Nyonya rumah dalam agenda penting ini, sebagai tuan rumah merasa bangga dan senang karena kegiatan RPPP ini dihadiri seluruh APTISI se Indonesia dan pengurus APTISI Pusat.

Ucapan terimah kasih juga disampaikan secara khusus kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw atas topangan dan perhatian terhadap terselenggaranya kegiatan ini dengan bantuan fasilitas dan bantuan lainnya.(jansen)