Selasa, 24 November 2015 – 17:37 WITA Telah dibaca 1001 kali

Mendikbud Pimpin Upacara Hari Guru Nasional

Upacara peringatan Hari Guru Nasional 2015.

SUARAMANADO, Nasional, - Pagi ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memimpin upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional. Dalam kegiatan di halaman kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, itu, Mendikbud berjanji akan menuntaskan berbagai masalah guru.

Dalam sambutannya sebagai pembina upacara, Anies menyampaikan apresiasi atas semua pengabdian para guru di Indonesia. Dia menyadari, tugas dan tanggung jawab para guru amat besar. Namun, dia mengingatkan agar mereka tidak memandang hal tersebut sebagai beban, melainkan kehormatan.

"Ibu dan Bapak Guru mendapat kehormatan untuk menumbuhkan generasi baru yang tercerdaskan", ujar Anies, Rabu (25/11/2015).

Anies mengimbuhkan, guru adalah sosok pertama yang melihat masa depan anak-anak bangsa. "Ibu dan Bapak Gurulah yang berada di garda terdepan mewakili seluruh bangsa dalam menjalankan amanah itu. Tiap tutur, tiap langkah dan tiap karya Ibu dan Bapak Guru adalah ikhtiar untuk mencerdaskan bangsa", paparnya.

Peringatan Hari Guru Nasional 2015 mengusung tema "Guru Mulia karena Karya". Mendikbud meyakini, hanya dari guru yang terus belajar dan berkarya akan muncul generasi pembelajar sepanjang hayat yang terus menerus berkontribusi pada masyarakatdan lingkungannya.

Selain dihadiri oleh pegawai di lingkungan Kemdikbud, upacara ini juga diikuti sejumlah guru garis depan dan para pelajar dari berbagai jenjang pendidikan.