Jumat, 10 April 2015 – 01:04 WITA Telah dibaca 701 kali

Pesan Mendikbud Untuk Peserta Ujian Nasional

Kurang dari sepekan, sekira 7,2 juta siswa SMA/sederajat akan mengikuti ujian nasional. Mendikbud Anies Baswedan pun punya pesan khusus untuk peserta ujian nasional tahun ini.

Para peserta ujian nasional, kata Anies, sebaiknya belajar dengan keras. Sebab, mereka hanya punya beberapa hari sebelum ujian nasional dimulai. dan cukup dalam istirahat. "Pastikan malam sebelum ujian, tidur yang cukup. Jadi minggu siang mulai istirahat. Malam tidur delapan jam. Jangan malam dikebut (belajar)", ujar Anies di Kemendikbud, Kamis (9/4/2015).

Siang ini Anies juga memaparkan kesiapan pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA/sederajat pada 13–15 April. Anies mengklaim, persiapan ujian nasional lancar, baik pada sekolah yang akan menggelar ujian nasional dengan sistem paper based test (PBT) maupun secara online dengan computer based test (CBT).

"Secara umum distribusi soal ujian nasional sudah sesuai dengan jadwal. Semua sudah siap. Naskah sudah sampai di tempat-tempat yang ditargetkan. Bahkan di beberapa daerah, soal ujian nasional sudah sampai lebih awal", papar Anies.

Mantan rektor Universitas Paramadina tersebut tidak menampik, meski sejumlah daerah sudah siap melaksanaan ujian nasional, masih ada beberapa wilayah yang menghadapi kendala seperti Gorontalo dan Sulawesi Tengah yang mengalami kekurangan soal.